7 Minuman Khas Indonesia Ini Jadi Ikon Buka Puasa, Bir Pletok Kaya Rempah

Sabtu, 16 Maret 2024 - 07:30 WIB
loading...
7 Minuman Khas Indonesia Ini Jadi Ikon Buka Puasa, Bir Pletok Kaya Rempah
Bir pletok menjadi salah satu minuman khas Indonesia yang cukup digemari saat bulan puasa. Foto/ dok. kemenparekraf
A A A
JAKARTA —Ramadan juga identik dengan berbagai macam makanan dan minuman khas yang lezat. Salah satu minuman yang kerap muncul saat bulan puasa adalah es buah dan es campur.

Dua hidangan ini sangat menyegarkan. Namun, sebenarnya ada banyak sekali minuman khas Indonesia yang jadi ikon untuk buka puasa.



Beberapa minuman asal Indonesia ini tidak hanya terasa nikmat dan melepas dahaga, juga menyehatkan. Sebab minuman-minuman ini terbuat dari rempah-rempah asli Indonesia.

Jika Anda ingin mencoba minuman khas Indonesia untuk berbuka puasa, cobalah simak informasi yang telah dikutip dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berikut ini.

1. Teh gaharu
Anda suka berbuka puasa dengan teh manis? Cobalah sesekali untuk menggantinya dengan teh gaharu. Minuman yang berasal dari Banjarbaru, Kalimantan Selatan ini terbuat dari pucuk daun gaharu. Teh ini memiliki rasa yang sedikit pahit namun tetap menyegarkan. Selain itu, teh gaharu dapat menenangkan tubuh dengan baik karena mengandung antibakteri yang berguna untuk detoksifikasi.

2. Teh sari sarang semut
Selain teh gaharu, Anda juga bisa mencicipi teh sari sarang semut khas Sorong Selatan, Papua Barat Daya. Teh ini terbuat dari tanaman umbi yang digunakan semut sebagai sarang. Teh ini memiliki rasa yang lebih pekat daripada teh pada umumnya.

Di samping itu, teh sari sarang semut memiliki kandungan polifenol dan flavonoid yang tinggi. Minuman ini berkhasiat untuk mendapatkan menstruasi yang lancar, mengatasi migrain dan tekanan darah tinggi.

3. Bir pletok
Bir pletok merupakan minuman khas Jakarta. Minuman ini cukup mudah ditemukan karena dipasarkan di mana-mana, khususnya di daerah Jakarta.

Meskipun namanya bir, minuman ini tidak mengandung alkohol sama sekali. Minuman ini terbuat dari campuran rempah-rempah berupa kayu manis, jahe, serai, adas, cengkeh, cabai, dan kapulaga. Perpaduan bahan tersebut membuat minuman ini terlihat berwarna merah cerah, benar-benar tampak menyegarkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1841 seconds (0.1#10.140)