Tanpa Minum, Begini Cara Mengatasi Cegukan saat Puasa

Selasa, 19 Maret 2024 - 04:33 WIB
loading...
Tanpa Minum, Begini Cara Mengatasi Cegukan saat Puasa
Saat berpuasa tidak menutup kemungkinan seseorang mengalami cegukan. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Foto/ ctfassets.
A A A
JAKARTA – Saat berpuasa tidak menutup kemungkinan seseorang mengalami cegukan . Namun, cegukan yang biasanya diatasi dengan minum, kini tidak bisa dilakukan karena berpuasa. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Menurut dokter sekaligus healthy educator, dr Alfi Auliya, ada enam cara yang dapat dilakukan seseorang untuk mengatasi permasalahan cegukan ketika berpuasa.



Lewat akun TikTok @alfiauliyarachman, dr Alfi Auliya berbagi cara mengatasi cegukan saat puasa. Berikut ulasannya.

Cara Mengatasi Cegukan

1. Tahan napas

Tahan napas 10 hitungan lambat, lalu hembuskan perlahan seperti biasa, dan bisa diulangi 3-4 kali setiap 20 menit atau hingga cegukan mereda

2. Tekuk lutut

Duduk memeluk lutut sedekat mungkin dengan dada selama 2 menit, posisi ini akan menekan area diafragma dan membuat udara yang terjebak dapat keluar

3. Tekan hidung dan menelan

Gerakan ini dapat membuat diafragma rileks sehingga dapat membantu mengatasi cegukan saat berpuasa

4. Memijat area ulu hati

Lakukan pijatan dengan ujung jari secara lembut selama 20-30 detik, diharapkan cegukan dapat membaik

5. Menutup telinga

Tutup kedua telinga dengan kedua tangan selama 20 detik untuk mengirimkan sinyal relaksasi dari otak ke bagian diafragma

6. Pijat bagian leher

Letakan kedua jari tangan tepat di arteri karotis, dimana itu merupakan tempat untuk mengecek denyut nadi pada bagian leher, lakukan pemijatan lembut dengan cara memutar berlawanan jarum jam, lakukan selama lima detik hingga cegukan hilang.

Akan tetapi, jika cegukan terasa tidak kunjung membaik, dr Alfi mengatakan sebaiknya penderita berkonsultasi kepada dokter agar mendapat penanganan lebih tepat dan keluhan yang dirasakan dapat hilang.

“Nah kalau cegukannya tidak kunjung mereda, Anda bisa konsultasikan cegukan Anda ke ahlinya,” kata dr Alfi.

Lebih lanjut, dilansir dari laman Mayo Clinic, pemicu paling umum cegukan terjadi kurang dari 48 jam yaitu karena beberapa faktor, seperti :



1. Minum minuman berkarbonasi

2. Terlalu banyak minum alkohol
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1115 seconds (0.1#10.140)