Amankah Kurma untuk Pengidap Diabetes? Simak Penjelasannya

Rabu, 20 Maret 2024 - 08:46 WIB
loading...
Amankah Kurma untuk Pengidap Diabetes? Simak Penjelasannya
Penderita diabetes memiliki banyak pantangan makanan yang perlu diperhatikan. Salah satu yang sering menjadi kekhawatiran adalah buah kurma. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Penderita diabetes memiliki banyak pantangan makanan yang perlu diperhatikan. Salah satu yang sering menjadi kekhawatiran adalah buah kurma.

Kurma merupakan jenis buah yang memiliki banyak nutrisi. Namun, di sisi lain rasa manis yang dihadirkan juga kerap membuat orang khawatir akan peningkatan kadar gula darahnya secara drastis.

Lalu, apakah aman bagi pengidap diabetes untuk mengonsumsi kurma? Simak penjelasannya berikut ini.


Amankah Kurma bagi Pengidap Diabetes?

Buah kurma identik dengan rasa manis dan kandungan karbohidratnya, sehingga sering menjadi perhatian penderita diabetes. Kendati begitu, pengidap diabetes sebenarnya masih bisa menikmati makanan bergizi ini, namun dalam jumlah terbatas.

Mengutip laman Healthline, Rabu (20/3/2024), kurma tak hanya mengandung fruktosa alami dan karbohidrat. Per satunya, buah ini setidaknya mengandung hampir 2 gram serat.

Kandungan serat ini bermanfaat dalam membantu tubuh menyerap karbohidrat lebih lambat. Semakin lambat karbohidrat dicerna, semakin kecil pula kemungkinan gula darah melonjak setelah makan.

Selain itu, kurma juga memiliki indeks glikemik (GI) yang relatif rendah meski rasanya manis. Pada sebuah penelitian, peneliti memeriksa GI 1,8 ons (50 gram) dari 5 varietas kurma yang umum dijumpai.

Hasilnya, mereka menemukan bahwa kurma memiliki GI rendah, yakni antara 44 dan 53. Maka dari itu, apabila dikonsumsi dalam jumlah sedang, buah ini justru dapat menjadi pilihan asupan bergizi untuk penderita diabetes.



Senada dengan penjelasan di atas, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Ika Devi, Sp.PD menyebut bahwa kurma memiliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Menurut hasil penelitian, kurma aman dikonsumsi pengidap diabetes karena memiliki indeks glikemik yang relatif rendah.

“Dari penelitian, kurma ini dikatakan memiliki indeks glikemik yang rendah yakni sekitar 45. Artinya cukup aman dikonsumsi oleh pasien diabetes,” kata dr Ika Devi seperti dikutip dari akun Instagram resminya di @dokterikadevi.

Meski begitu, dr Ika Devi mengingatkan bahwa penderita diabetes wajib tetap memperhatikan kalori hariannya saat mengonsumsi kurma. Lebih jauh ia menyarankan agar pasien diabetes berkonsultasi pada dokter untuk penjelasan lebih lengkapnya.

Demikianlah penjelasan mengenai konsumsi kurma yang aman bagi penderita diabetes. Semoga bermanfaat.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2109 seconds (0.1#10.140)