Rambut Bisa Alami Penuaan seperti Kulit Wajah, Ini 4 Cara Mencegahnya

Kamis, 21 Maret 2024 - 09:25 WIB
loading...
Rambut Bisa Alami Penuaan seperti Kulit Wajah, Ini 4 Cara Mencegahnya
Tak hanya kulit wajah yang mengalami penuaan, rambut yang disebut-sebut sebagai mahkota alami wanita pun ternyata bisa mengalami hal serupa. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Tak hanya kulit wajah yang mengalami penuaan, rambut yang disebut-sebut sebagai mahkota alami wanita pun ternyata bisa mengalami hal serupa. Bukan cuma dikarenakan pertambahan usia, melainkan juga berbagai macam faktor yang terjadi akibat ketidakpekaan untuk merawatnya.

Mulai dari polusi, paparan sinar matahari, kebiasaan styling yang berlebihan, paparan bahan kimia, hingga gaya hidup yang tidak sehat bisa menyebabkan penuaan pada rambut atau yang biasa disebut hair aging. Penuaan pada rambut bukan ditandai dengan rambut yang memutih atau uban. Rambut mengalami penuaan ketika muncul tanda-tanda seperti menjadi lebih kusam, warnanya pudar seperti menguning, lebih kering dan kasar hingga helai rambut menjadi lebih rapuh dan mudah patah.

Edukasi soal mencegah penuaan pada kulit wajah mudah ditemukan di medium apa pun terutama di media sosial. Lantas, bagaimana dengan penuaan pada rambut?



Menurut Dokter Spesialis Dermatologi Rambut dan Estetika dr. Nevristia Pratama, Sp.DVE, kesadaran tentang kesehatan rambut trennya mulai meningkat tapi belum banyak yang menyadari jika perawatan rambut itu penting, sama dengan perawatan wajah. Sehingga, dr. Nevristia mengimbau agar pencegahan penuaan pada rambut juga harus dilakukan sejak dini seperti halnya wajah, dengan 4 cara berikut ini.

1. Konsumsi Nutrisi atau Suplemen Vitamin untuk Rambut

Makanan yang tinggi protein, vitamin C dan B4 serta suplemen yang mengandung Biotin atau vitamin B7 dan Zinc dapat membantu memelihara kesehatan rambut dan membantu proses regenerasi rambut.

2. Tidak Sisir dan Ikat Rambut dalam Keadaan Basah

Menyisir dan mengikat rambut dalam keadaan basah berpotensi menyebabkan rambut menjadi lebih mudah rapuh. Helai rambut yang rapuh dan mudah patah menjadi salah satu tanda hair aging. Selain itu, dr. Nevristia juga meningatkan agar saat styling rambut, pastikan dilakukan secukupnya dengan catokan atau hair dryer yang suhunya tidak terlalu panas, menyesuaikan jenis rambut.

3. Penggunaan Hair Care

Saat ini masyarakat terbiasa menggunaka skincare dengan berbagai tahapan, bukan sekadar mencuci dengan sabun muka saja. Nah, hal ini juga berlaku untuk hair care di mana bukan hanya mencuci rambut menggunakan sampo saja, melainkan dilengkapi pula dengan kondisioner, masker, dan vitamin.



Salah satu faktor penuaan rambut adalah karena paparan sinar UV. Jika wajah punya sunscreen sebagai solusinya, rambut pun membutuhkan perlindungan dari sinar UV untuk menjaga kondisinya tetap sehat, berkilau dan wangi dengan menggunakan vitamin rambut.

Salah satu kandungan dalam vitamin yang kaya akan antioksidan untuk membantu melindungi dari sinar matahari dan radikal bebas adalah moroccan oil atau yang juga dikenal sebagai argan oil. Kandungan ini salah satunya terdapat dalam produk Ellips Hair Vitamin Moroccan Oil.

4. Memijat Kepala

Selain menghilangkan rasa lelah, pijatan lembut di kepala juga dapat memperlancar aliran darah sehingga mencegah penuaan pada rambut karena pertumbuhan rambut menjadi lebih optimal.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2259 seconds (0.1#10.140)