1 dari 3 Anak Balita di Indonesia Alami Anemia

Jum'at, 22 Maret 2024 - 05:05 WIB
loading...
1 dari 3 Anak Balita di Indonesia Alami Anemia
Data menyebutkan bahwa 1 dari 3 anak berusia di bawah 5 tahun (balita) di Indonesia mengalami anemia. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Data menyebutkan bahwa 1 dari 3 anak berusia di bawah 5 tahun (balita) di Indonesia mengalami anemia. Orang tua harus paham, sebab ini bisa berdampak negatif permanen pada pertumbuhan fisik dan perkembangan otak si buah hati.

Kondisi ini juga diperparah dengan masih rendahnya konsumsi protein hewani anak-anak Indonesia, termasuk susu maupun produk turunannya.

Marketing Manager SGM Eksplor Anggi Morika Septie mengatakan, anemia karena kekurangan zat besi masih menjadi permasalahan besar kesehatan anak yang perlu diwaspadai orang tua di Indonesia.

"Kami terus mengedukasi orang tua dalam memilih nutrisi untuk dukung pertumbuhan maksimal si kecil," kata Anggi, Kamis (21/3/2024).

Selain memberikan asupan nutrisi dari makanan, lanjut Anggi, orang tua juga harus melengkapi nutrisi anak dengan susu.

"Namun, banyaknya pilihan jenis susu di pasaran seperti susu pertumbuhan, susu segar, susu kotak cair, kerap membuat orang tua salah paham bahwa semua jenis susu itu sama," bebernya.

Menurut dia, tidak semua susu sama, karena beberapa jenis susu memiliki jumlah nutrisi yang berbeda, terutama nutrisi penting untuk cegah kekurangan zat besi dan maksimalkan pertumbuhan anak.

"Menurut ahli nutrisi, ibu perlu mengecek kandungan nutrisi yang terdapat pada susu dan membandingkannya dengan Angka Kecukupan Gizi (AKG) anak," ujarnya.

Anggi melanjutkan, dalam artikel berjudul ‘Tidak Semua Susu Sama, Jenis Apa yang Dibutuhkan Anak? Ini Kata Ahli!’, ahli nutrisi telah melakukan perbandingan nilai gizi di susu fortifikasi dan susu kotak cair. Di mana dari perbandingan tersebut menunjukkan bahwa susu pertumbuhan terfortifikasi mengandung mikronutrien yang lebih lengkap dan lebih tinggi dibandingkan susu kotak cair.

“Orang tua mesti jeli dalam memilih dan memilah kandungan nutrisi yang dibutuhkan agar si kecil dapat tumbuh maksimal. Untuk itu, kami mengajak para orang tua untuk selalu membaca kandungan nutrisi yang tertera pada label kemasan, sebab isinya lebih penting," kata dia.

Lebih lanjut Anggi mengatakan, sebagai upaya untuk mencegah anemia pada anak, orang tua bisa melengkapi pemenuhan kebutuhan zat besi harian si kecil dengan susu pertumbuhan yang mengandung IronCTM.

"SGM Eksplor satu-satunya susu pertumbuhan dengan ironCTM, senantiasa mendukung pemenuhan nutrisi lengkap bagi anak Indonesia agar terhindar dari anemia dan tumbuh menjadi anak generasi maju,” pungkasnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1559 seconds (0.1#10.140)