5 Menu Buka Puasa Rendah Kalori, Cocok untuk Jaga Berat Badan Ideal

Senin, 25 Maret 2024 - 06:06 WIB
loading...
5 Menu Buka Puasa Rendah Kalori, Cocok untuk Jaga Berat Badan Ideal
Menu buka puasa rendah kalori menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin tetap menjaga pola makan sehat di bulan Ramadan. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Menu buka puasa rendah kalori menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin tetap menjaga pola makan sehat di bulan Ramadan. Ya, puasa sendiri diketahui akan memberi pengaruh sangat baik bagi kesehatan apabila diiringi dengan penerapan pola makan yang juga sehat.

Puasa buat sebagian orang juga bisa menjadi momen untuk menurunkan berat badan ataupun menjaga bobot ideal. Kalau itu keinginan Anda, tentu pola makan harus diperhatikan, khususnya saat berbuka. Makanan rendah kalori adalah pilihan yang terbaik.

Berikut sejumlah rekomendasi menu buka puasa rendah yang bisa Anda pilih.


Menu Buka Puasa Rendah Kalori

1. Buah

Menu buka puasa rendah kalori yang pertama adalah buah. Jenisnya bisa pisang, pepaya, melon, anggur, apel, dan buah beri.

Melansir laman Siloam Hospital, tak hanya rendah kalori, buah-buahan tersebut juga mengandung vitamin dan mineral yang tinggi sehingga dapat mendukung kerja sistem imun tubuh.

Khusus yang termasuk dalam kelompok buah beri seperti bluberi, blackberry, dan rasberi, terkandung pula senyawa yang bersifat antioksidan sehingga bisa membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab penyakit.

Namun perlu diingat, tidak semua buah rendah kalori. Beberapa buah disarankan untuk dihindari atau dibatasi konsumsinya saat berbuka puasa karena buah tersebut mengandung gas yang berpotensi memicu gangguan pencernaan. Salah satu contoh buah yang seperti ini adalah durian.

2. Sayuran

Tak ada yang menyangsikan sehatnya sayur-mayur. Sayuran kaya serat, vitamin, dan mineral, plus tentu saja rendah kalori. Bahkan beberapa jenis sayuran hijau diketahui mengandung zat besi yang bisa meningkatkan produksi sel darah merah. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih bugar dan tidak lesu selama berpuasa.

Beberapa jenis sayuran rendah kalori yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa adalah selada, bayam, dan sawi. Namun di sisi lain, ada juga jenis sayuran yang memiliki kandungan gas tinggi seperti brokoli, kembang kol, dan kubis sehingga Anda disarankan untuk membatasi konsumsinya agar terhindar dari gangguan pencernaan.

3. Nasi Merah

Nasi merah mengandung karbohidrat kompleks sehingga direkomendasikan sebagai salah satu menu buka puasa rendah kalori. Diketahui, karbohidrat kompleks akan dicerna lebih lambat oleh tubuh sehingga memberikan efek kenyang lebih lama. Selain aman dikonsumsi saat berbuka puasa, nasi merah juga baik dimakan ketika sahur.


4. Ikan

Untuk mencukupi asupan protein harian, Anda dapat mengonsumsi daging ikan saat berbuka puasa. Selain berprotein tinggi, ikan juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan otak dan jantung. Agar bisa memperoleh kandungan gizinya secara optimal, sebaiknya daging ikan diolah dengan cara dikukus.

Beberapa jenis ikan yang direkomendasikan menjadi menu buka puasa adalah tuna, salmon, sarden, dan makerel.

5. Telur

Telur juga merupakan sumber protein yang baik. Selain itu, telur ternyata masih tergolong makanan rendah kalori asal diolah dengan cara yang tepat. Misalnya mengolah telur dengan cara direbus atau dikukus. Sebab, telur yang diolah dengan cara digoreng akan mengandung lemak dan kalori yang cenderung tinggi.

Itu dia lima menu buka puasa rendah kalori yang patut Anda coba. Semoga informasi ini bermanfaat.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1181 seconds (0.1#10.140)