Kisah Inspiratif Pemuda Asal Bandung Kembangkan Brand Clothing Udei

Minggu, 24 Maret 2024 - 02:00 WIB
loading...
Kisah Inspiratif Pemuda Asal Bandung Kembangkan Brand Clothing Udei
Kemunculan brand-brand lokal di industri fashion tak pernah berhenti, terutama di kota Bandung yang merupakan pusat trend mode dan fashion di Tanah Air. Foto/istimewa
A A A
BANDUNG - Kemunculan brand-brand lokal di industri fashion tak pernah berhenti, terutama di kota Bandung yang merupakan salah satu pusat trend mode dan fashion di Tanah Air. Salah satu brand yang muncul ke permukaan di antaranya adalah Udei, brand clothing yang dirintis oleh seorang pengusaha muda bernama Yusron Fauzi.

Dirintis sejak tahun 2020, Udei kini telah menjadi salah satu brand favorit khususnya bagi penikmat fashion kaum remaja pria. Produk Udei yang didominasi kaos/t-shirt saat ini sudah menjangkau ribuan pelanggan dan dijual secara online melalui sejumlah platform e-commerce Tanah Air dan juga situs resmi Udei yakni https://udeioriginal.com.

Yusron mengisahkan, ia merintis bisnis fashion di masa Covid-19, setelah sebelumnya menjalani profesi sebagai fotografer. Perubahan besar akibat pandemi pada tahun 2019 membuat bisnis dan kariernya terhenti, sehingga ia harus mencari peluang baru.

“Saya memiliki latar belakang sebagai fotografer dalam pemotretan model, prewedding, dan pernikahan. Pada tahun 2019, saya menghadapi guncangan besar di bidang ini. Setelah beberapa lama akhirnya saya memiliki inisiatif untuk mencari peluang baru,” ujar pria lulusan SMA ini.



Dengan memanfaatkan sisa uang yang ada, Yusron memulai usaha kecil-kecilan dengan membuka toko kaos custom satuan di depan rumah. Namun, ia pun menghadapi rintangan baru dengan harus menerima kenyataan bahwa membuka toko kaos saat pandemi tidak terlalu menjanjikan.

Yusron pun akhirnya menemukan peluang baru untuk mengembangkan bisnisnya secara online. Ia mulai membangun brand dengan nama Udei di sejumlah platform. Untuk memaksimalkan interaksi dengan pelanggan, ia mengelola akun Instagram @udeiofficial dan @itsudei, akun facebook Udei, dan Tiktok @udeiofficial. Perlahan namun pasti, cara ini membuat omzet bisnisnya terus mengalami peningkatan dan bisa berkembang hingga saat ini.

“Saya dengan cepat mengamati peluang di dunia online khususnya berpartisipasi dan berperan menjadi salah satu brand atau produk lokal Indonesia. Saya ingin membuktikan bahwa koneksi antara merek dan penggemar bisa dibangun di dunia maya tanpa terhalang oleh pandemi,” imbuh Yusron.

Ia menambahkan, salah satu kunci keberhasilan dalam mengembangkan bisnis fashion adalah inovasi dan pelayanan. Pemuda kelahiran 9 Juni 1998 itu selalu berusaha menghadirkan produk berkualitas sesuai kebutuhan yang ditunjang dengan teknologi terbaru.



“Kualtasnya harus bagus, tidak boleh mengecewakan mulai dari bahan memakai kualitas terbaik, jahitan rapih, serta memberikan sentuhan gambar melalui sablon print Digital atau biasa di sebut DTF (Direct to Film),” paparnya.

Keberhasilan dalam mengembangkan brand Udei tidak membuat Yusron lantas cepat berpuas hati. Ke depan ia berharap bisa membuat brand baru dan merambah segmen pasar yang lebih luas lagi.

“Harapan usaha saya ke depannya, ingin lebih berkembang lagi. Bukan hanya di bidang fashion pria. namun juga di bidang fashion wanita dan anak-anak,” tandas pria yang punya hobi fotografi ini.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2585 seconds (0.1#10.140)