Harga Vaksin Demam Berdarah Dengue Mulai Rp700 Ribu per Dosis

Senin, 25 Maret 2024 - 10:01 WIB
loading...
Harga Vaksin Demam Berdarah Dengue Mulai Rp700 Ribu per Dosis
Vaksin DBD sudah ada di sejumlah rumah sakit di Indonesia. Namun, harga yang ditawarkan cukup mahal bagi masyarakat. Foto/ hopkinsmedicine
A A A
JAKARTA – Vaksin demam berdarah dengue atau DBD sudah ada di sejumlah rumah sakit di Indonesia. Namun, harga yang ditawarkan untuk mengatasi penyakit ini cukup mahal bagi masyarakat.

Setiap rumah sakit atau pusat imunisasi punya daftar harganya masing-masing, namun secara umum vaksin demam berdarah dihargai mulai Rp700 ribuan per dosis.



Bahkan, menurut informasi dari Praktisi Kesehatan dr Ngabila Salama, untuk vaksin demam berdarah di RSUD Tamansari, harga yang ditawarkan Rp1 juta untuk dua dosis.

"Untuk dua dosis vaksin demam berdarah, cukup membayar Rp1 juta. Vaksin ini bisa diakses di RSUD Tamansari hanya pada Senin dan Kamis, pukul 08.00 sampai 15.00 WIB di Ruang one stop service MCU dan vaksinasi lantai 1 RSUD Tamansari," jelas dr Ngabila.

Bagaimana kemanjuran vaksin?
Menurut laporan Imuni, efikasi vaksin ini untuk mencegah demam berdarah secara keseluruhan sebesar 80,2 persen. Sementara itu, untuk mencegah hospitalisasi akibat virus dengue sebesar 95,4 persen.

"Secara keseluruhan, vaksin Qdenga aman serta dapat ditoleransi oleh tubuh dengan baik menurut data keamanan dan studi klinik," terang Imuni, dikutip MNC Portal, Senin (25/3/2024).

Menurut Imuni, berikut ini jadwal vaksinasi Qdenga:

1. Usia 6-18 tahun diberikan 2 dosis dengan jarak antar dosis 3 bulan.

2. Usia 18-45 tahun diberikan 2 dosis dengan jarak antar dosis 3 bulan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1455 seconds (0.1#10.140)