Sandiaga Uno Tanggapi Keengganan Gen Z Berlibur di Indonesia Gegara Takut Naik Pesawat Boeing

Senin, 25 Maret 2024 - 18:50 WIB
loading...
Sandiaga Uno Tanggapi Keengganan Gen Z Berlibur di Indonesia Gegara Takut Naik Pesawat Boeing
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan bahwa Kementerian Perhubungan dan juga maskapai menjamin seluruh armada layak terbang. Foto/MPI/Syifa Fauziah Ramadhani
A A A
JAKARTA - Sebuah penelitian yang dilakukan JW Surety Bonds mengungkapkan bahwa hampir separuh dari seluruh Gen Z takut terbang karena masalah keselamatan yang mengganggu pesawat Boeing 737.

Penelitian ini dilakukan oleh 1.000 orang Amerika tentang perjalanan udara, termasuk 230 anggota Gen Z. Yang mengejutkan, 49% di antaranya kini takut untuk naik pesawat.

“Ketakutan terbang tampaknya semakin meningkat di kalangan Gen Z,” kata Merritt Ryan dari JW Surety Bonds kepada The Post.



Ketakutan ini terjadi sejak pandemi Covid-19. Terapis di New York City, Lesley Koeppel, menyebut bahwa para Gen Z kehilangan kemampuan untuk mempercayai orang yang mereka cintai atau institusi sosial yang sangat penting dalam perkembangan mereka. Terlebih lagi banyak kejadian kecelakaan pesawat boeing beberapa waktu lalu. Hal itu membuat banyak Gen Z tidak mempercayakan apa pun yang dijelaskan oleh maskapai seperti Boeing atau Otoritas Penerbangan Federal AS (FAA).

Ketakutan Gen Z tak hanya terjadi di luar negeri, tapi juga di Indonesia. Banyak Gen Z yang tidak ingin berlibur di Indonesia karena kebanyakan pesawatnya menggunakan boeing. Padahal pemerintah terus menggencarkan untuk berwisata di Indonesia.

Menanggapi hal itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan bahwa Kementerian Perhubungan dan juga maskapai menjamin seluruh armada layak terbang.



“Nggak usah terlalu takut, Gen Z dibercandain aja. Asal tiket murah, mereka berangkat,” kata Sandiaga Uno saat ditemui dalam acara The Weekly Brief with Sandiaga Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (25/3/2024).

Sandiaga berharap jumlah penerbangan lebih banyak lagi, sehingga harga tiket bisa lebih terjangkau dan wisatawan dapat berlibur di Indonesia.

“Intinya tiket murah dan ini penting banget. Pelita Air sudah nambah (kursi) Transnusa juga. Akan ada pesawat baru juga yang datang dan akan segera menambah jumlah ketersediaan kursi kita,” pungkas Sandiaga.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1469 seconds (0.1#10.140)