Mampu Hasilkan Karya Kreatif dan Inovatif, Sandiaga Uno Dorong Kreator Kekayaan Lokal Bersaing di Kancah Dunia

Selasa, 26 Maret 2024 - 20:55 WIB
loading...
Mampu Hasilkan Karya Kreatif dan Inovatif, Sandiaga Uno Dorong Kreator Kekayaan Lokal Bersaing di Kancah Dunia
Sandiaga Uno menghadiri acara Temu Bisnis Optimalisasi Kekayaan Intelektual Lokal di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (26/3/2024). Foto/MPI/Syifa Fauziah Ramadhani
A A A
JAKARTA - Sandiaga Uno menghadiri acara Temu Bisnis Optimalisasi Kekayaan Intelektual Lokal yang berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (26/3/2024).

Pada kesempatan itu, Sandiaga sempat melihat-lihat produk dari kreator kekayaan intelektual lokal. Ia juga berbincang dengan para kreator tersebut.

Sandiaga mengaku, takjub dengan karya-karya para kreator Indonesia yang sangat kreatif dan inovatif.

“World class, kelas dunia (produk kekayaan intelektual lokal) sudah sanggup bersaing (luar negeri) dari Gundala sampai Si Juki, dari Fun Cican sampai Milk Mocca Bear,” ujar Sandiaga saat ditemui di Jakarta, Selasa (26/3/2024).



Melihat karya para kreator kekayaan intelektual lokal yang luar biasa, ia pun mengajak generasi muda untuk meningkatkan kreativitas.

“Ternyata dari sebuah ilustrasi yang simpel kayak Mickey Mouse, sekarang sudah menjadi perusahaan besar dengan nilai kapitalisasi pasar 200 miliar dolar. Nah ini bisa juga jadi sumber inspirasi bagi para anak muda calon kreator kekayaan intelektual lokal,” katanya.

Nantinya para kreator muda itu akan difasilitasi dari segi pemasaran sejumlah produk oleh pemerintah.

“Bersama BUMN kami mendorong kekayaan intelektual lokal ini dapat dimanfaatkan untuk produk-produk BUMN, BUMD, dan anak perusahaan untuk branding, promosi pembuatan produk, membangkitkan semangat penggunaan produk buatan Indonesia,” ujar Sandiaga.

Saat ini, lanjutnya, sudah lebih dari 10 ribu jenama yang difasilitasi hak kekayaan intelektualnya. Ia berharap ke depan, jumlah pelaku ekraf yang mendapatkan fasilitas tersebut akan terus bertambah.

"Karena jenama-jenama (pelaku ekraf) ini bisa menjadi tulang punggung perekonomian kita ke depan," tutup Sandiaga.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2156 seconds (0.1#10.140)