5 Minuman Obat Alami untuk Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Rabu, 27 Maret 2024 - 12:12 WIB
loading...
5 Minuman Obat Alami untuk Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa
Tak harus selalu minum obat kimia, ada beberapa minuman yang bisa menjadi bahan alami untuk mengobati penyakit radang tenggorokan. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Mengonsumsi beragam hidangan berbuka selama bulan puasa membuat Anda rentan terserang berbagai macam penyakit.

Salah satu penyakit langganan saat puasa adalah radang tenggorokan. Selain mengganggu kenyamanan saat berpuasa, kondisi ini juga bisa semakin parah jika tidak diobati.

Tak harus selalu minum obat kimia, ada beberapa minuman yang bisa menjadi bahan alami untuk mengobati penyakit radang tenggorokan. Apa saja itu? Berikut di antaranya, dilansir dari laman Siloam Hospital, Rabu (27/3/2024).


1. Air Lemon

Perasan air lemon kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat pemulihan radang tenggorokan.

Di samping vitamin C, perasan air lemon juga mengandung senyawa astringen yang mampu meredakan peradangan serta pembengkakan pada tenggorokan.

2. Madu

Radang tenggorokan bisa menjadi gejala dari penyakit GERD, yaitu gangguan pada sistem pencernaan. Madu dapat dijadikan pilihan sebagai obat radang tenggorokan alami karena dinilai aman untuk saluran pencernaan tersebut.

Madu memiliki sifat antioksidan, antimikroba, serta antiinflamasi yang diketahui dapat mengatasi radang tenggorokan secara efektif. Anda dapat mengonsumsi madu secara langsung atau dengan mencampurkannya ke dalam teh serta minuman sehat lain.

3. Air Garam

Air garam merupakan bahan alami untuk obat radang tenggorokan berikutnya. Benar, air garam merupakan larutan yang bersifat antiseptik sehingga dapat memperlambat serta menghentikan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan.

Selain itu, air garam juga bisa mencairkan lendir yang sudah menumpuk karena hidung tersumbat atau dahak. Anda dapat melarutkan satu sendok teh garam beryodium pada satu gelas air hangat. Kemudian, berkumurlah menggunakan air garam hangat tersebut selama 30 detik.

Anda dapat melakukannya sebanyak 3 sampai 4 kali setiap hari hingga radang tenggorokan mereda.


4. Cuka Sari Apel

Obat radang tenggorokan alami berikutnya yaitu cuka sari apel. Cuka sari apel memiliki senyawa antimikroba sehingga dapat meredakan sakit yang ditimbulkan dari radang tenggorokan.

Untuk menggunakannya, Anda dapat melarutkan 1 sampai 2 sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air. Lalu, berkumurlah dengan larutan cuka sari apel tersebut setiap 3 sampai 4 jam sekali secara rutin.

5. Teh Jahe

Rekomendasi obat radang tenggorokan alami selanjutnya yaitu teh jahe. Teh jahe memiliki kandungan gingerol yang bersifat antiinflamasi serta analgesik sehingga dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari radang tenggorokan. Konsumsi teh jahe hangat untuk melegakan radang tenggorokan dengan lebih optimal.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1886 seconds (0.1#10.140)