Kasus Flu Singapura di Indonesia Ngegas hingga 5 Ribu, Waspadai Gejala dan Penyebabnya

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:45 WIB
loading...
Kasus Flu Singapura di Indonesia Ngegas hingga 5 Ribu, Waspadai Gejala dan Penyebabnya
Kasus flu Singapura di Indonesia dilaporkan mengalami peningkatan. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat sebanyak 5.461 kasus infeksi sepanjang 2024 ini. Foto/Vital Record
A A A
JAKARTA - Kasus flu Singapura di Indonesia dilaporkan mengalami peningkatan. Tak tanggung-tanggung, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat sebanyak 5.461 kasus infeksi sepanjang 2024 ini.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 738 kasus flu Singapura terjadi di Banten dalam 3 bulan belakang. Selain itu, ditemukan 14 kasus yang diduga flu Singapura di Depok, Jawa Barat.

Dinas Kesehatan Kota Depok pun telah mencatat ada 10 pasien yang sudah dalam perawatan. Pasien-pasien yang sedang dalam perawatan di rumah sakit biasanya karena memiliki gejala yang berat. Sehingga memerlukan perawatan intensif.

Apa Itu Flu Singapura?



Dilansir dari Web MD, Rabu (28/3/2024) flu Singapura yang juga dikenal sebagai Hand, Foot, and Mouth Disease (HFMD) merupakan infeksi virus ringan dan menular yang umum terjadi pada anak kecil.



Penyakit ini menyebabkan luka yang disebut bisul di dalam atau di sekitar mulut dan ruam atau lecet di tangan, kaki, tungkai, atau bokong. Kondisi ini bisa menyakitkan tetapi tidak serius.

Penyebab Flu Singapura



Flu Singapura tidak sama dengan penyakit mulut dan kuku, yang berasal dari virus yang berbeda dan hanya menyerang hewan. HFMD paling sering disebabkan oleh coxsackievirus A16 dan enterovirus A71.

Virus yang biasanya menyebabkan flu Singapura termasuk dalam kelompok enterovirus non-polio. Beberapa termasuk:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1273 seconds (0.1#10.140)