Waspada! DBD Diprediksi Meningkat Jelang Lebaran, Begini Penularannya

Jum'at, 29 Maret 2024 - 20:31 WIB
loading...
Waspada! DBD Diprediksi Meningkat Jelang Lebaran, Begini Penularannya
Kasus DBD diprediksi akan meningkat jelang Lebaran ini. Anda pun perlu mengenali penularanya. Foto/ the scientist
A A A
JAKARTA - Demam berdarah dengue atau DBD merupakan penyakit virus yang ditularkan oleh nyamuk dengan penyebaran tercepat yang menjadi ancaman serius kesehatan masyarakat.

Data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada 2023 menyatakan bahwa terdapat total 114.435 kasus demam berdarah dengue selama 2023 dengan kematian 894 kasus, turun dari tahun sebelumnya sebanyak 143.266 kasus dan kematian sebanyak 1.237 kasus.



Sedangkan pada 2024, sampai dengan minggu ke-11 saja, tercatat 35.556 kasus dengan kematian 290 kasus.

Kasus DBD diprediksi akan meningkat jelang Lebaran ini, di mana momen tersebut tidak lepas dari budaya pulang ke kampung halaman atau mudik.

Hal ini juga perlu menjadi perhatian, mengingat seorang individu tidak hanya berisiko terkena DBD, tetapi juga berpotensi menyebarkan virus dengue apabila telah terinfeksi. Ketika seekor nyamuk menggigit seseorang yang memiliki virus dengue dalam darahnya, nyamuk tersebut akan terinfeksi virus dengue.

Penularannya sendiri, ketika nyamuk yang terinfeksi kemudian dapat menularkan virus tersebut kepada orang yang sehat dengan menggigit mereka.

“DBD tidak dapat menyebar secara langsung dari satu orang ke orang lain, diperlukan nyamuk untuk penularan virus demam berdarah,” ujar Pendiri dan Presiden Direktur Alodokter Suci Arumsari.

Suci menambahkan risiko penularan DBD lebih tinggi di daerah yang padat penduduknya seperti daerah pemukiman perkotaan, termasuk taman dan tempat bermain yang berada di dalamnya, di mana terdapat kemungkinan yang lebih tinggi untuk menemukan Aedes aegypti dan manusia yang terinfeksi.

Hal ini karena nyamuk dengue dapat terbang beberapa ratus meter untuk mencari wadah berisi air dan bertelur, dan beberapa nyamuk per rumah tangga dapat menyebabkan wabah DBD yang besar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1197 seconds (0.1#10.140)