5 Makanan Sehari-hari yang Mengandung Racun, Bahaya bagi Kesehatan

Sabtu, 30 Maret 2024 - 09:00 WIB
loading...
5 Makanan Sehari-hari yang Mengandung Racun, Bahaya bagi Kesehatan
Tanpa disadari sejumlah makanan sehari-hari mengandung racun dan bisa berbahaya bagi kesehatan. Makanan ini sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Foto/Britannica
A A A
JAKARTA - Tanpa disadari sejumlah makanan sehari-hari mengandung racun dan bisa berbahaya bagi kesehatan. Mengingat efek sampingnya, makanan ini sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan dan penting untuk diwaspadai.

Sederet makanan sehari-hari yang beracun dan bisa berakibat fatal ini bisa menyebabkan kerusakan parah pada sistem tubuh. Terlebih, jika makanan ini dikonsumsi dalam proporsi yang tepat dan dimasak dengan benar.

Beberapa makanan ini dikenal sebagai makanan menyehatkan. Namun, karena senyawa yang terkandung di dalamnya bisa sangat beracun bagi tubuh. Lantas apa saja makanan sehari-hari yang beracun dan bisa berakibat fatal?

Makanan Sehari-hari yang Mengandung Racun



Berikut makanan sehari-hari yang mengandung racun dan bahaya bagi kesehatan dilansir dari Times of India, Sabtu (30/3/2024).



1. Kentang Hijau



Makanan ini mengandung senyawa yang disebut solanaceae, yang bersifat neurotoksik dan sangat beracun bagi tubuh manusia. Menurut para ahli, konsumsi berlebihan senyawa ini dapat menyebabkan sakit kepala, muntah, mual, pendarahan internal, koma, bahkan kematian. Sesuai penelitian, jika Anda mengonsumsi 450 gram kentang hijau utuh, bisa menyebabkan kematian.

2. Pala


Pala memiliki senyawa aktif yang disebut myristicine, yang bila terurai di dalam tubuh dapat merusak sistem saraf dan menyebabkan sakit kepala, pusing, mual, dan muntah. Berdasarkan penelitian, seorang pria berusia 37 tahun pernah mengonsumsi 10 gram pala dan dalam waktu 1,5 jam dia menunjukkan gejala keracunan yang serius. Menurut para ahli, pala digunakan dalam jumlah yang sangat kecil dalam masakan sebagai bumbu.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1184 seconds (0.1#10.140)