5 Cara Mengelola THR, Hindari Gaya Hidup Konsumtif

Minggu, 31 Maret 2024 - 13:01 WIB
loading...
5 Cara Mengelola THR, Hindari Gaya Hidup Konsumtif
Tunjangan Hari Raya biasanya akan digunakan untuk membeli keperluan di hari raya. Ada tips cara mengelolanya.Foto/ mpca.
A A A
JAKARTA - Tunjangan Hari Raya atau THR sudah bisa dinikmati jelang Lebaran. Bonus tahunan ini biasanya akan digunakan untuk membeli keperluan di hari raya hingga kebutuhan lain, termasuk mudik.

Saat THR diterima, sering kali kita kehilangan kendali dan menghamburkan uang tersebut. Padahal, mendapatkan THR juga bisa jadi momen Anda untuk tetap bisa menabung.



Untuk itu, Anda perlu bijak mengelola THR Anda agar tidak kalap. Pastikan untuk menyisihkan sebagian uang tersebut agar bisa ditabung.

Berikut tips mengelola THR Anda agar gak cuma numpang lewat, dilansir berbagai sumber, Minggu (31/3/2024).

1. Bayar sebagian tagihan
Bila Anda memiliki beberapa tagihan bulanan, utamakan untuk membayarnya saat mendapatkan THR. Jadikan uang bonus Anda untuk membayar hal-hal prioritas terlebih dahulu.

Dengan begitu, Anda jadi bisa membatasi kebutuhan lainnya sehingga tak kalap menghabiskan uang THR.

2. Atur biaya belanja
Tak ada salahnya untuk belanja saat THR Anda turun. Tapi, penting untuk mengatur budget belanja Anda agar tetap terkontrol dan tidak kalap.

Anda bisa mulai dengan memikirkan barang apa yang paling Anda butuhkan. Kemudian, tentukan batas maksimal dari harga barang tersebut agar uang THR Anda tak habis begitu saja.

3. Hindari gaya hidup konsumtif
Kemudian menghindari gaya hidup konsumtif. Cara ini bisa membuat Anda gelap mata dan menggunakan THR Anda untuk membeli barang-barang berlebihan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1356 seconds (0.1#10.140)