Ahli Ungkap Sumber Penularan Flu Singapura, Salah Satunya Terkait Kebersihan Makanan

Minggu, 31 Maret 2024 - 22:30 WIB
loading...
Ahli Ungkap Sumber Penularan Flu Singapura, Salah Satunya Terkait Kebersihan Makanan
Peningkatan kasus Flu Singapura di Indonesia belakangan ini mendapat perhatian dari berbagai pihak. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Peningkatan kasus Flu Singapura di Indonesia belakangan ini mendapat perhatian dari berbagai pihak. Salah satunya Dokter Spesialis Paru Prof. Dr. dr. Erlina Burhan.

Tercatat, terdapat 5.461 orang Indonesia terjangkit Flu Singapura pada minggu ke-11 tahun 2024. Selama Januari-Maret 2024, Banten melaporkan 738 kasus dan Depok ada 45 kasus suspek dengan 10 pasien dirawat di rumah sakit.

“Kemarin saya sudah jelaskan situasi terbaru dari Covid-19. Dan, dalam kesempatan sama-sama IDI itu saya juga menyampaikan situasi Flu Singapura di Indonesia. Sebagai awalan, saya coba sampaikan dulu apa itu Flu Singapura ya,” ujar dr. Erlina, dilansir dari cuitan di akun X-nya, @erlinaburhan, Minggu (31/3/2024).



Dokter Erlina menjelaskan, Flu Singapura, juga dikenal sebagai penyakit Hand, Foot, and Mouth (HFMD) adalah penyakit menular yang umumnya terjadi pada anak-anak usia 5-10 tahun.

Flu Singapura adalah penyakit virus yang disebabkan oleh beberapa jenis virus Coxsackie, terutama virus Coxsackie A16. Penyakit ini biasanya bersifat ringan, tetapi dalam beberapa kasus dapat menyebabkan komplikasi serius.

“Jadi Flu Singapura merupakan suatu penyakit akibat virus yang dapat menyerang anak dan dewasa. Umumnya menginfeksi anak berusia 10 tahun, tapi bisa juga menginfeksi orang dewasa,” papar dr. Erlina.

Dokter Erlina juga menyebut, penularan Flu Singapura umumnya dari makanan dan kotoran manusia. Virus akan menginfeksi melalui saluran napas atau pencernaan lewat kelenjar getah bening di kedua sistem tersebut.

“Untuk penularan, utamanya melalui makanan dan kotoran manusia. Kemudian menyentuh benda atau permukaan yang terkontaminasi virus tanpa mencuci tangan, sehingga sebabkan virus masuk lewat makanan,” ungkapnya.

Kemudian, lanjut dr. Erlina, virus menyebar di pembuluh darah dan menyerang organ spesifik seperti kulit dengan Flu Singapura, paru-paru dengan Pneumonia, otot dengan Miokarditis, jantung dengan Perikarditis, dan lain sebagainya.

Selain itu, menurut dr. Erlina, virus tersebut juga menyebar melalui kontak langsung dengan cairan tubuh yang terinfeksi, seperti air liur, air ludah, dan cairan lepuh yang muncul pada kulit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1950 seconds (0.1#10.140)