IFW 2024 Ditutup Manis dengan Koleksi Warna-warni Khas Betawi

Senin, 01 April 2024 - 13:01 WIB
loading...
IFW 2024 Ditutup Manis dengan Koleksi Warna-warni Khas Betawi
Pergelaran Indonesia Fashion Week 2024 ditutup manis dengan koleksi pakaian warna-warni bernuansa bunga khas budaya Betawi. Foto/ mpi
A A A
JAKARTA - Pergelaran Indonesia Fashion Week 2024 ditutup manis dengan koleksi pakaian warna-warni bernuansa bunga khas budaya Betawi dari salah satu jenama lokal, Pendopo.

Sederet koleksi tersebut ditampilkan pada Signature Show Kaleidoscope Jakarta bersama dengan Disparekraf dan Dinas PPUKM DKI Jakarta, pada Minggu, (31/3/2024), di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Baca Juga: Mendadak Jadi Model IFW 2024, Novia Bachmid Tampil Atraktif dalam Balutan Dress Penuh Motif

Sesuai tema besar IFW 2024 , yakni Langgam Jakarta Teranyam, Pendopo menghadirkan sebuah koleksi pakaian yang kental dengan budaya Betawi.

Koleksi ini terinspirasi dari pertunjukkan Ondel-Ondel yang meriah, motif kembang khas corak batik Betawi, serta renda dan bordir khas kebaya encim.

Tema Pencak Warna Betawi yang diangkat Pendopo diambil dari tiga kata dasar. Dimulai dari 'pencak', yang berasal dari kata pencak silat, sebuah seni bela diri dan tari yang menuntut keselarasan, keseimbangan, dan keserasian antara wirama (irama), wiraga (keterampilan gerak), dan wirasa (hati).

Kemudian kata 'warna' sebagai perlambang warna-wami cerah yang muda, dan kata ‘Betawi' yaitu suku bangsa asli daerah Jakarta, sebagian Jawa Barat, dan Banten.

“Secara keseluruhan, Pencak Warna Betawi berarti sebuah koleksi tentang keselarasan, keseimbangan, dan keserasian warna-warni cerah khas Budaya Betawi,” ujar Direktur Pendopo, Tasya Widya Krisnadi, dalam keterangan tertulisnya.

Koleksi Pencak Warna Betawi terdiri dari sembilan looks atau rancangan, yaitu tujuh looks wanita dan dua looks pria, yang hadir dalam berbagai warna cerah dan meriah.

Selain itu, seluruh looks yang ditampilkan juga bisa dipakai terpisah dan dipadu-padankan dengan pakaian sehari-hari untuk sekadar hang out, pakaian untuk bekerja, maupun pakaian formal untuk menghadiri berbagai acara dan pesta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1120 seconds (0.1#10.140)