5 Oleh-Oleh Khas Bukittinggi, Wajib Dibeli saat Mudik

Selasa, 02 April 2024 - 10:33 WIB
loading...
5 Oleh-Oleh Khas Bukittinggi, Wajib Dibeli saat Mudik
Bukitinggi memiliki beragam makanannya lezat, tidak terkecuali makanan ringan yang bisa menjadi oleh-oleh saat mudik. Foto/ Instagram
A A A
JAKARTA - Bukitinggi tidak hanya terkenal dengan pesona Jam Gadang yang menjadi ikon kota tersebut, juga beragam makanannya yang lezat, tidak terkecuali makanan ringan yang bisa menjadi oleh-oleh saat mudik.

Ada banyak cemilan khas Bukittinggi dengan rasa enak yang sulit didapatkan di kota lain. Namun, jika Anda masih bingung apa oleh-oleh khas Bukittinggi yang wajib untuk dibawa pulang, berikut beberapa di antaranya, dilansir dari berbagai sumber pada Selasa (2/4/2024).


Oleh-Oleh Khas Bukittinggi

1. Karapuak Sinjai
Meski masyarakat setempat menyebutnya dengan karupuak Sanjai, penganan dari singkong ini sebetulnya berupa keripik.

Begitu mendengar keripik Sanjai, pasti yang langsung terbayangkan adalah keripik singkong balado berwarna merah menyala dengan potongan-potongan besar.

Anda bisa mendapatkan beragam rasa yang menarik dari keripik sanjai ini, mulai dari original, manis, bahkan juga balado.
5 Oleh-Oleh Khas Bukittinggi, Wajib Dibeli saat Mudik

2. Karak Kaliang
Rekomendasi oleh-oleh lainnya yang khas dari Kota Bukittinggi dan tidak bisa untuk Anda lewatkan yaitu karak kaliang.

Makanan satu ini berbahan dasar dari singkong, tepung ubi, dan kemudian diberikan bumbu sehingga membuatnya menjadi gurih.

Karak kaliang memiliki bentuk yang cukup unik dan khas yaitu menyerupai angka 8 (delapan). Apalagi dengan ukurannya yang kecil sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai camilan.

3. Dendeng
Jenis oleh-oleh selanjutnya yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh dari Bukittinggi. Meski sama-sama berbentuk dendeng selayaknya dendeng di tempat lain di Nusantara, namun dendeng khas Bukittinggi memiliki karakteristik rasa khasnya sendiri.

4. Arai Pinang
Bagi Anda yang masih mencari oleh-oleh khas Bukittinggi Sumatra Barat, arai pinang bisa menjadi pilihan tepat.

Makanan satu ini merupakan kue kering yang biasanya disajikan oleh orang Minang saat perayaan hari Lebaran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1924 seconds (0.1#10.140)