4 Oleh-Oleh Khas Cianjur yang Bisa Jadi Buah Tangan saat Mudik, Camilan hingga Bumbu

Selasa, 02 April 2024 - 23:11 WIB
loading...
4 Oleh-Oleh Khas Cianjur yang Bisa Jadi Buah Tangan saat Mudik, Camilan hingga Bumbu
Beberapa camilan atau makanan ringan masih jadi oleh-oleh favorit bila berkunjung ke Kota Cianjur. Foto/Dpmptsp Kabupaten Cianjur
A A A
CIANJUR - Kota Cianjur, Jawa Barat, resmi masuk ke dalam Daerah Khusus Jakarta (DKJ). Hal ini sontak menjadi sorotan dan mencuri perhatian publik.

Menjelang mudik lebaran kali ini, Kota Cianjur juga menjadi salah satu destinasi yang banyak dikunjungi pemudik. Salah satu yang menjadi daya tarik daerah ini ialah oleh-oleh khasnya.

Beberapa camilan atau makanan ringan masih jadi oleh-oleh favorit bila berkunjung ke Kota Cianjur. Namun tak hanya itu, ada juga berbagai jenis oleh-oleh khas Cianjur lain yang tak boleh ketinggalan.



Penasaran ada apa saja? Ini simak informasinya.

1. Manisan dan Asinan Buah

Pertama ada manisan dan asinan buah. Makanan ini juga menjadi oleh-oleh khas Cianjur yang boleh Anda boyong saat pulang mudik lebaran.

Manisan dan asinan buah ini terdiri dari salak, mangga, kedondong serta ditambah sayur sawi, bayam, dan terong. Oleh-oleh ini cukup banyak dijajakan dan bisa Anda temukan di berbagai toko oleh-oleh khas Cianjur.

2. Roti Manis Tan Keng Cu

Selanjutnya adalah roti manis Tan Keng Cu. Buat Anda yang menyukai roti dengan rasa jadul yang autentik, oleh-oleh ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Roti ini sudah ada sejak 1962. Oleh-oleh cukup legendaris dan bisa Anda temukan saat mudik ke Cianjur.


3. Tauco

Kemudian ada Tauco. Tauco merupakan bumbu masakan yang terbuat dari campuran kacang kedelai dengan tepung terigu yang kemudian difermentasi. Bumbu masakan ini juga termasuk oleh-oleh khas Cianjur. Bila Anda ke Cianjur, jangan lupa untuk membelikan oleh-oleh khas ini.

4. Marici Putu Mayang

Satu lagi oleh-oleh khas Cianjur yang bisa jadi buah tangan sepulang mudik yakni marici putu mayang. Seperti namanya, marici sendiri merupakan singkatan dari ‘makanan ringan Cianjur’.

Marici putu mayang merupakan kudapan ringan yang terbuat dari tepung beras dan disantap dengan kuah gula merah serta santan. Oleh-oleh khas Cianjur ini cocok buat keluarga karena rasanya yang manis dan lezat.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1216 seconds (0.1#10.140)