5 Cara Mencegah Mabuk Laut saat Mudik Lebaran

Rabu, 03 April 2024 - 09:09 WIB
loading...
5 Cara Mencegah Mabuk Laut saat Mudik Lebaran
Keadaan mabuk laut membuat tubuh merasa mual, pusing, keringat dingin, hingga sakit kepala. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Menjelang akhir Ramadan, masyarakat Indonesia akan mudik ke kampung halaman masing-masing. Beberapa orang ada yang memilih naik kapal laut untuk pulang ke daerah asal mereka.

Namun, rasanya tidak nyaman jika harus merasakan mabuk laut saat perjalanan mudik. Keadaan mabuk laut membuat tubuh merasa mual, pusing, keringat dingin, hingga sakit kepala.

“Mabuk laut adalah akibat dari reaksi fisiologis kompleks terhadap gerakan. Ini adalah ketidakcocokan informasi yang dikirim ke otak dari mata, telinga bagian dalam, dan saraf sensorik, seperti di kaki,” kata John Bradberry, MD, direktur medis Carnival Cruise Lines dikutip dari Everyday Health, Rabu (3/4/2024).



Contohnya, saat Anda berada di dalam kabin kapal, mata Anda tidak melihat gerakan, namun telinga bagian dalam merasakannya. Mata memberi tahu otak Anda bahwa tidak ada gerakan, sedangkan telinga bagian dalam memberi tahu otak bahwa ada gerakan.

Untuk menghindari mabuk laut saat mudik, cobalah untuk melakukan beberapa hal berikut ini.

1. Istirahat yang Cukup sebelum Berlayar

Istirahat yang cukup sebelum berlayar sangatlah penting. Sebab, kurang tidur dan rasa lelah membuat Anda lebih rentan terhadap faktor penyebab mabuk perjalanan. Bersantailah sebelum perjalanan Anda.

2. Minum Obat Antiemetik

Berbagai obat tersedia untuk membantu mencegah atau mengobati mabuk perjalanan. Obat mual disebut obat antiemetik. Konsultasikan dengan dokter tentang obat mana yang terbaik untuk Anda, karena Anda mungkin dibatasi oleh obat lain yang Anda pakai.

Antihistamin dapat menyebabkan kantuk dan mulut serta mata kering. Karena antihistamin memblokir pesan ke bagian otak yang mengontrol mual dan muntah. Mengonsumsi obat seperti Dramamine bekerja paling baik jika Anda meminumnya sebelum Anda mabuk perjalanan. Jadi untuk hasil terbaik, minumlah pil tersebut sebelum Anda naik kapal, jika Anda akan melakukan perjalanan singkat.

3. Jangan Lupa Makan

Makanan terbaik adalah yang ringan dan hambar seperti biskuit asin, roti tawar, atau pretzel. Memiliki sedikit makanan di perut Anda lebih baik daripada memiliki perut kosong, tapi berhati-hatilah untuk tidak makan terlalu banyak. Selain itu, Anda mungkin dapat menyesap minuman jahe.

Jahe adalah obat alami yang terkenal untuk mabuk perjalanan. Peppermint juga memiliki efek menenangkan pada perut.


4. Hindari Rangsangan yang Memicu Rasa Mual

“Mual adalah ciri khas mabuk laut. Setiap rangsangan yang memicu rasa mual dapat memperburuk gejala mabuk laut," kata Bradberry.

Pemicunya antara lain mengonsumsi makanan berminyak, makanan pedas, makanan asam seperti buah jeruk dan jus, serta makan besar. Menghindari semua makanan tersebut dapat membantu mengatasi mual Anda.

Selain itu, hindari bau berbahaya dan orang lain di kapal yang muntah karena mabuk perjalanan.

5. Dapatkan Udara Segar

Jika Anda merasa mabuk laut, pergi keluar di dek terbuka atau balkon dan melihat ke arah cakrawala akan membantu mengatasinya. Cara ini akan membuat seluruh alat indera dengan otak lebih selaras sehingga menghilangkan rasa mual.

Selain itu, angin yang bertiup di wajah cenderung membantu menghilangkan rasa mual.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2264 seconds (0.1#10.140)