Ini 3 Aksi One Health Foundation untuk Ciptakan Masa Depan Lebih Baik bagi Hewan dan Manusia

Jum'at, 05 April 2024 - 00:15 WIB
loading...
Ini 3 Aksi One Health Foundation untuk Ciptakan Masa Depan Lebih Baik bagi Hewan dan Manusia
Executive Director One Health Foundation Gunawan Wahab menjelaskan mengenai tujuan pendirian One Health Foundation. Foto/MPI/Muhammad Sukardi
A A A
JAKARTA - Setiap manusia seyogyanya juga harus memikirkan kesejahteraan hewan dan lingkungan. Sebab, ketiganya saling berkesinambungan demi menciptakan kesejahteraan bagi semua.

Karena itu, One Health Foundation sebagai organisasi non-profit hadir di antara masyarakat untuk mewujudkan impian tersebut. Sebab, bukan hal yang mustahil jika di masa depan manusia, hewan, dan lingkungan hidup dalam kondisi sehat di bumi ini.

Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut? Langkah apa saja yang bisa dilakukan bersama-sama untuk menggapai masa depan yang lebih baik bagi manusia, hewan, dan lingkungan?



Menurut Executive Director One Health Foundation Gunawan Wahab, mengacu pada misi utama One Health Foundation, setidaknya ada tiga prioritas misi yang dapat menciptakan masa depan yang sejahtera untuk hewan, manusia, dan lingkungan.

Pertama adalah mengadvokasi kebijakan yang mengutamakan kesehatan tak lagi hanya fokus pada manusia, tapi juga hewan. 'Better regulations' diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan bersama, baik untuk hewan, manusia, maupun lingkungan.

"Itu kenapa One Health Foundation perlu sekali didukung oleh pihak pemerintan. Dengan begitu pembuatan kebijakan dapat merujuk pada kesejahteraan hewan, manusia, dan lingkungan," kata Gunawan Wahab pada MNC Portal, Kamis (4/4/2024).

Lalu, langkah berikutnya adalah mengedukasi komunitas atau masyarakat. Aksi kedua ini sangat membutuhkan dukungan dari komunitas, karenanya kerja sama dan kolaborasi diperlukan.

"Dengan community education, diharapkan awareness akan kesehatan hewan, manusia, dan lingkungan dapat terbentuk. Kalau komunitas sudah paham bahwa kesehatan hewan dan lingkungan sama penting dengan kesehatan manusia dan itu saling berhubungan, maka kita menjamin kesehatan manusia juga," terangnya.

Hal ketiga yang bakal dilakukan One Health Foundation untuk mencapai masa depan lebih baik bagi hewan, manusia, dan lingkungan adalah bekerja sama dengan organisasi kesehatan, ahli, serta peneliti agar dapat melakukan 'innovative research'.



"Dengan bekerja sama dengan pihak-pihak ahli di bidang zoonosis disease (penyakit yang ditularkan dari hewan ke manusia) diharapkan lahir solusi-solusi untuk meningkatkan kesehatan hewan dan manusia, yang juga berdampak pada kelestarian lingkungan," beber Gunawan.

Aksi One Health Foundation dalam Waktu Dekat

Di kesempatan yang sama, Gunawan Wahab menjelaskan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan beberapa kegiatan, terutama yang berfokus pada membangun awareness dan edukasi masyarakat.

"Paling dekat kami akan menyelenggarakan webinar maupun pertemuan dengan komunitas skala kecil hingga besar untuk membahas soal isu ini, sehingga terbentuk awareness di masyarakat bagaimana melaraskan kesehatan manusia dan hewan," ungkapnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1116 seconds (0.1#10.140)