Begini Perayaan Idul Fitri di Berbagai Negara, dari Arab Saudi hingga Amerika Serikat

Sabtu, 06 April 2024 - 04:25 WIB
loading...
Begini Perayaan Idul Fitri di Berbagai Negara, dari Arab Saudi hingga Amerika Serikat
Ritual dan tradisi Idul Fitri hampir sama di dunia, tetapi ada kebiasaan yang berbeda di setiap negara. Foto/ arab news
A A A
JAKARTA - Idul Fitri merupakan salah satu hari raya keagamaan paling penting yang dirayakan oleh umat Islam di seluruh dunia. Festival ini menandai akhir Ramadan, bulan puasa Islam.

Umat Islam merayakan Idul Fitri dengan penuh semangat dan kegembiraan. Meski ritual dan tradisi dasar Idul Fitri sama di seluruh dunia, ada beberapa kebiasaan dan praktik unik yang berbeda di setiap negara.



Banyak yang penasaran perayaan Idul Fitri di Arab dan bagaimana perayaan Lebaran di Amerika serikat. Dikutip darceyflowers, berikut ulasannya.

Perayaan Idul Fitri di Dunia

1. UEA
Idul Fitri adalah salah satu peristiwa paling penting di UEA. Ini menandai akhir Ramadan dan persiapan dimulai beberapa hari sebelum festival. Orang-orang mendekorasi rumahnya dengan hiasan dan lampu, membeli baju baru dan menyiapkan manisan tradisional. Pada pagi hari Idul Fitri, umat Islam berkumpul untuk salat. Setelah berdoa, masyarakat bertukar hadiah, berbagi makanan dan berpartisipasi dalam perayaan publik seperti kembang api, pertunjukan budaya dan karnaval.

Idul Fitri menandai waktu bagi keluarga, teman, dan komunitas untuk berkumpul dan merayakan dengan perpaduan unik antara tradisi dan modernitas. Amal adalah bagian penting dari perayaan di UEA dan umat Islam didorong untuk memberi sumbangan kepada mereka yang kurang mampu selama Ramadhan dan Idul Fitri. Pemerintah, serta berbagai organisasi amal, mendistribusikan makanan, pakaian, dan uang untuk memastikan bahwa setiap orang dapat berpartisipasi dalam perayaan tersebut.
Begini Perayaan Idul Fitri di Berbagai Negara, dari Arab Saudi hingga Amerika Serikat

2. Arab Saudi
Di Arab Saudi, perayaan Idul Fitri diawali dengan penampakan hilal. Umat Muslim melaksanakan salat Idul Fitri di masjid atau ruang terbuka yang luas, dan kemudian saling menyapa dengan mengucapkan “Idul Fitri.”

Hari itu ditandai dengan berpesta dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman. Orang-orang mengunjungi kerabat dan teman mereka dan mengadakan pesta. Mereka juga memberikan hadiah kepada anak-anak dan orang tua. Orang Saudi juga berpartisipasi dalam kegiatan tradisional seperti elang, balap unta, dan tarian tradisional. Perayaan lainnya meliputi kembang api, pertunjukan budaya, dan kegiatan hiburan lainnya.

3. Turki
Di Turki, Idul Fitri disebut Şeker Bayramı, yang berarti “Pesta Gula”. Nama ini mencerminkan suguhan manis yang menjadi bagian tak terpisahkan dari perayaan tersebut. Orang Turki memulai hari dengan mencuci dan mengenakan pakaian baru.

Mereka kemudian mengunjungi orang yang lebih tua untuk meminta berkah dan pengampunan. Anak-anak menerima permen dan uang dari orang tua mereka. Masyarakat Turki juga menyiapkan hidangan tradisional seperti baklava dan halva.
Begini Perayaan Idul Fitri di Berbagai Negara, dari Arab Saudi hingga Amerika Serikat

4. Selandia Baru
Idul Fitri dirayakan di Selandia Baru dengan salat subuh di masjid atau lokasi luar ruangan, diikuti dengan pertemuan komunitas dan pesta di mana keluarga bertukar hadiah dan berbagi makanan tradisional. Baru-baru ini, festival Idul Fitri umum menjadi lebih populer di kota-kota besar seperti Auckland, Wellington, dan Christchurch.

Festival-festival ini menampilkan pertunjukan budaya, warung makan, dan kegiatan untuk anak-anak. Di Auckland, perayaan dimulai dengan salat subuh dan pembersihan, diikuti dengan acara menyenangkan di Eden Park yang menampilkan aktivitas karnaval seperti banteng mekanik, sepak bola manusia, dan penjual makanan yang menjual camilan lezat dari seluruh wilayah.

Perayaan ini mencerminkan perpaduan tradisi budaya Muslim dan komunitas Selandia Baru secara luas, yang menunjukkan keberagaman dan inklusivitas negara tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1648 seconds (0.1#10.140)