5 Fakta Menarik Ketupat, Ide Sunan Kalijaga saat Menyebar Islam di Jawa

Minggu, 07 April 2024 - 20:31 WIB
loading...
5 Fakta Menarik Ketupat, Ide Sunan Kalijaga saat Menyebar Islam di Jawa
Ketupat menjadi salah satu menu khas yang kerap disajikan saat Lebaran. Ternyata menjadi gagasan Sunan Kalijaga saat menyebar Islam. Foto/ Instagram
A A A
JAKARTA - Ketupat menjadi salah satu menu khas yang kerap disajikan saat Lebaran. Biasanya, santapan khas ini dihidangkan bersama berbagai sajian lauk khas lainnya, mulai opor, rendang hingga gulai.

Tidak hanya sekadar menjadi pendamping saat Lebaran, ketupat begitu melegenda di Indonesia. Sajian ini sudah ada sejak turun temurun.



Nah, berikut fakta unik tentang ketupat yang mungkin selama ini belum Anda ketahui, dilansir laman Wonderful Indonesia, Minggu (7/4/2024).

Fakta Ketupat

1. Memiliki anyaman rumit
Bungkus anyaman dari ketupat adalah hal lain yang membuat hidangan ini begitu melegenda. Menganyam potongan daun kelapa muda alias janur sebagai pembungkus ketupat bukanlah tugas yang mudah untuk dilakukan.

Perlu ketelitian dan kesabaran yang cukup tinggi untuk membuatnya. Jalinan yang terbentuk dari anyaman ketupat juga dimaknai sebagai gambaran keragaman masyarakat Jawa yang harus diikat bersama untuk menjaga tali silaturahmi.

2. Berbagai macam ketupat nusantara
Sebagai negara yang kaya akan budaya, wajar saja sebuah hidangan memiliki beragam variasi. Tentunya hal tersebut juga berlaku untuk ketupat.

Tak cuma sajian khas Lebarannya aja yang beragam, setiap daerah di Tanah Air memiliki jenis ketupat yang berbeda-beda.

Di Tegal, ada yang namanya ketupat glabed, ketupat blegong, juga ketupat bongko. Masyarakat Minang juga memiliki ketupat versi kecil yang dikenal dengan nama katupek katan kapau.

Ada juga Kota Solo dengan ketupat cabuk rambak nya yang diiris tipis dan disiram campuran sambal wijen, kemiri, dan kelapa parut.

Betawi pun punya ketupat bebanci, yaitu ketupat khas yang biasanya disajikan dengan gulai sapi penuh dengan rempah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1904 seconds (0.1#10.140)