5 Tempat Makan di Rest Area Tol Trans Jawa yang Jadi Favorit, Ada Nasi Pecel Legendaris sejak 1942

Minggu, 07 April 2024 - 19:33 WIB
loading...
5 Tempat Makan di Rest Area Tol Trans Jawa yang Jadi Favorit, Ada Nasi Pecel Legendaris sejak 1942
Banyak makanan enak di rest area. Nah, rekomendasi tempat makan yang ada di rest area, salah satunya nasi pecel. Foto/ Instagram
A A A
JAKARTA – Arus mudik Lebaran 2024 semakin terasa mendekati hari raya Idul Fitri. Ini menjadi momen yang selalu ditunggu bagi para perantau.

Bagi Anda yang pulang kampung dengan kendaraan roda empat dari Jakarta ke arah timur, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta atau sekitarnya, biasanya akan menggunakan Tol Trans Jawa.



Nah, bagi Anda yang perlu istirahat saat perjalanan, di Tol Trans Jawa tersedia rest area dengan berbagai pilihan tempat makan.

Berikut ini rekomendasi tempat makan yang ada di rest area, mulai dari wilayah Jawa Barat menuju Jawa Tengah, hingga Jawa Timur, dilansir dari laman Wonderful Indonesia, Kemenparekraf RI.

1. Makanan Khas Sunda IHC, rest area KM 166 Tol Cipali
Bagi Anda yang mudik dari Jakarta melalui jalan Tol Cipali, bisa istirahat sejenak di Rest Area KM 166 Majalengka. Di sini, ada resto yang memiliki ragam menu.

Apa saja menunya? Ada burung malon, ayam goreng, empal daging, sate maranggi, ikan baby fish (bilis), ikan mas goreng, pepes ikan mas, pepes ayam, aneka pepes teri, tahu jamur, tahu goreng, dan tempe goreng.

Sayurannya juga lengkap, misalnya ada karedok, sayur asem, pete, oseng kangkung oncom, tumis ciciwis, pencok leunca, dan lainnya.

Makan di sini juga tersedia sambal dan lalapan lengkap. Anda yang suka pedas, bisa pilih mau sambal dadak, hejo, atau terasi.

2. Tahu Bakso Bu Pudji, Rest Area KM 429 Semarang
Jika sudah masuk Jawa Tengah, Anda bisa mampir ke Rest Area KM 429 Semarang. Salah satu yang perlu dicicipi atau bahkan membeli untuk oleh-oleh adalah tahu bakso Bu Pudji.

Makanan ini menjadi salah satu ciri khas oleh-oleh dari kota Semarang. Selain menawarkan rasa yang enak dan legit, tahu bakso Bu Pudji juga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Untuk kemasan oleh-oleh, tersedia dalam kotak sesuai dengan jumlah tahu bakso Bu Pudji yang Anda pesan. Untuk harganya mulai dari Rp48.000,-.

3. Ayam Goreng Bu Toha, Rest Area Pendopo KM 456
Setelah melewati Semarang, masih di wilayah Jawa Tengah, Anda bisa mampir di Rest Area Pendopo KM 456, Salatiga. Di sini, cobain ayam goreng Bu Toha. Ayam goreng andalannya adalah ayam kampung.

Ada yang disajikan utuh, harganya Rp98.000,- sehingga cocok untuk makan bareng keluarga. Nah, kalau ingin per potong boleh juga, hanya Rp22.000,-. Selain ayam goreng, Anda bisa pilih bebek goreng. Rasanya sama-sama nikmatnya.

Anda bisa tambah pelengkap lauk lainnya seperti pete goreng atau terong goreng. Hanya tinggal tambah Rp10.000,-. Jangan lupa saat menyantap, tambahkan sambal bawang. Bikin nagih pokoknya!

4. Nasi Pecel Yu Gembrot, Rest Area KM 487 Boyolali
Bagi Anda yang mudik ke Jawa Timur melalui Tol Trans Jawa, pasti akan lewat Boyolali, Jawa Tengah.

Jangan lupa mampir di Rest Area KM 487 Boyolali. Ada apa? Kalau Anda kangen makanan tradisional nasi pecel, mampir di sini pilihan yang tepat.

Anda bisa pilih nasi pecel Yu Gembrot khas Madiun tersedia di situ. Nasi pecel ini terkenal legendaris karena sudah ada sejak 1942.

Dengan harga mulai dari Rp12.000,- nasi pecel disajikan dalam pincuk daun pisang. Lauknya juga beragam, ada jeroan sapi, daging ayam, telur dan lainnya.



5. Karoeng Kafe, Rest Area KM 575A Solo-Ngawi
Bagi Anda yang mudik ke Jawa Timur dan sekiranya lelah di perjalanan, Anda bisa mampir di Rest Area KM 575A Solo-Ngawi. Karena di situ ada kafe kekinian berkonsep kebun, lho!

Di kafe ini, Anda bisa menikmati secangkir kopi sambil menikmati makanan ringan ataupun camilan. Anda juga bisa memesan makanan berat seperti bakso malang, nasi goreng dan mie instan.

Harga yang ditawarkan untuk makanan dan minuman cukup terjangkau, mulai dari Rp15.000,- saja.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4190 seconds (0.1#10.140)