Intip Persiapan Masyarakat Arab Saudi Jelang Idul Fitri, Pasar Tradisional Dipadati Pembeli

Selasa, 09 April 2024 - 17:33 WIB
loading...
Intip Persiapan Masyarakat Arab Saudi Jelang Idul Fitri, Pasar Tradisional Dipadati Pembeli
Menjelang akhir Ramadan, masyarakat Arab Saudi siap menyambut Idul Fitri. Mereka membeli pakaian, permen dan mainan untuk dibagikan. Foto/ arab news
A A A
RIYADH - Menjelang berakhirnya bulan suci Ramadan, masyarakat Arab Saudi bersiap menyambut Idul Fitri . Hampir sama dengan di Indonesia. beberapa hari menjelang Lebaran hingga malam takbiran, masyarakat Arab berkumpul untuk membeli pakaian, permen dan mainan untuk merayakan hari spesial itu.

Madawi Al-Blushi, seorang pembeli di pasar tradisional Al-Owais, Riyadh mengatakan kepada Arab News bahwa Idul Fitri adalah waktu yang spesial bagi keluarganya dan seluruh umat Islam di seluruh dunia.



“Bagi kami, saat ini kami berbelanja barang-barang penting seperti gaun dan thobe untuk acara Idul Fitri terlebih dahulu. Kami kemudian akan berbelanja barang-barang lain untuk anak-anak seperti hadiah, mainan, dan permen,” kata Al-Blushi.

Pasar tradisional pun dipenuhi pembeli dan menjadi tempat keluarga berkumpul untuk membeli barang-barang baru sebelum Idul Fitri. Pasalnya, di momen Lebaran, hampir semua toko tutup.

Pasar Al-Owais merupakan salah satu dari sekian banyak lokasi penjualan abaya, gaun, dan sepatu. Pasar ini juga menjual barang-barang lainnya, termasuk furnitur dan barang-barang rumah tangga. Banyak yang menganggapnya sebagai “makanan pokok” di Riyadh ketika hendak berbelanja barang-barang tradisional.

“Saya dan keluarga saya datang ke sini (Pasar Al-Owais) setelah Tarawih (salat). Kami perkirakan akan ramai karena ini adalah akhir pekan dan kita mendekati 10 hari terakhir Ramadan,” kata Al-Blushi.

Salah satu bagian penting dari belanja Idul Fitri adalah menyiapkan gaun dan thobe yang akan dikenakan pada pertemuan yang diselenggarakan oleh keluarganya.

“Kami memiliki penjahit yang bekerja sama dengan kami setiap tahun untuk membuat gaun kami. Keluarga kami mengadakan sarapan tahunan pada pagi hari Idul Fitri dan kami semua berdandan. Itulah mengapa berpenampilan terbaik adalah hal yang penting, bukan hanya sebagai manusia, tapi juga bagian dari tradisi kami,” tuturnya.

“Mengenakan pakaian bagus rupakan bagian dari tradisi Idul Fitri. Idul Fitri adalah saat perayaan bagi kami dan salah satu bagiannya adalah berdandan dan merayakannya,” ucap Al-Blushi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1427 seconds (0.1#10.140)