Cara Mengatasi Radang di Momen Lebaran, Nomor 3 Kumur Air Garam

Sabtu, 13 April 2024 - 04:49 WIB
loading...
Cara Mengatasi Radang di Momen Lebaran, Nomor 3 Kumur Air Garam
Sakit tenggorokan atau radang kerap muncul usai Lebaran. Foto/ the sun
A A A
JAKARTA - Sakit tenggorokan atau radang kerap muncul usai Lebaran. Biasanya karena menyantap berbagai makanan berminyak di momen Idul Fitri. Terlebih selama Lebaran, Anda juga mengkonsumsi minuman manis dan dingin terlalu sering.

Bagi Anda yang mulai merasakan nyeri atau sakit tenggorokan , berikut beberapa langkah awal untuk mengatasinya, dikutip dari berbagai sumber, Sabtu (13/4/2024).


Cara Mengatasi Radang

1. Minum air hangat
Saat merasakan nyeri tenggorokan, minumlah minuman dengan suhu hangat. Tak hanya minuman hangat seperti teh atau air rebusan jahe, Anda juga bisa mengkonsumsi sup-sup bening dengan kuah yang hangat. Hal ini mampu mengurangi batuk dengan menenangkan bagian belakang tenggorokan Anda.

2. Istirahat yang cukup
Dalam kondisi yang mulai kurang sehat, Anda sebaiknya mencukupi waktu istirahat setiap harinya. Hindari begadang jika sudah ada gejala-gejala nyeri tenggorokan. Sebab hal ini dapat membuat tubuh semakin mudah terserang penyakit.Oleh karenanya, salah satu obat yang ampuh untuk mengembalikan kesehatan tubuh yaitu dengan istirahat yang cukup.

3. Kumur air garam
Apabila sakit tenggorokan disertai dengan gatal, maka sebaiknya Anda mencoba untuk kumur dengan larutan air garam. Larutkan 1/2 sendok teh garam atau soda kue ke dalam segelas air hangat. Lalu kumur-kumur tapi jangan ditelan dan lakukan setiap tiga jam. Larutan ini bisa mengurangi pembengkakan dan iritasi pada tenggorokan Anda.

4. Madu
Madu murni mengandung anti inflamasi, antimikroba, dan antioksidan yang tinggi. Oleh karenanya madu bisa membantu meredakan nyeri tenggorokan jika dikonsumsi teratur. Anda bisa campurkan beberapa sendok madu ke dalam air hangat atau dikonsumsi langsung setiap harinya.



5. Siapkan paracetamol
Sakit tenggorokan kerap kali datang dengan membuat tubuh menjadi demam dan nyeri badan. Oleh karenanya, untuk mengatasi kondisi tersebut, Anda bisa konsumsi paracetamol sesudah makan. Namun jika sakit tenggorokan sudah semakin parah dan demam tak kunjung reda, maka sebaiknya Anda segera periksakan kondisi Anda ke dokter.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2001 seconds (0.1#10.140)