8 Manfaat Konsumsi Makanan Warna Merah, Bisa Cegah Kanker

Jum'at, 12 April 2024 - 10:30 WIB
loading...
8 Manfaat Konsumsi Makanan Warna Merah, Bisa Cegah Kanker
Konsumsi makanan warna merah dipercaya menyimpan banyak manfaat kesehatan. Makanan merah mengacu pada buah-buahan dan sayuran yang menunjukkan pigmen merah. Foto/Allrecipes
A A A
JAKARTA - Konsumsi makanan warna merah dipercaya menyimpan banyak manfaat kesehatan. Makanan merah mengacu pada buah-buahan dan sayuran yang menunjukkan pigmen merah, terutama karena adanya senyawa seperti likopen, antosianin, dan betalain.

Senyawa dalam makanan berwarna merah berkontribusi terhadap warna cerah dan membawa sejumlah manfaat kesehatan. Adapun makanan warna merah meliputi tomat, stroberi, paprika merah, ceri, semangka, delima, apel merah, raspberry dan cranberry.

Gabungkan berbagai makanan merah ke dalam diet harian Anda, dengan target setidaknya dua hingga tiga porsi per hari. Namun perlu diingat, konsumsi makanan berwarna merah secara berlebihan dapat menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan pada beberapa orang.

Manfaat Konsumsi Makanan Warna Merah



Berikut adalah manfaat konsumsi makanan warna merah dilansir dari Health Shots, Jumat (12/4/2024).



1. Kesehatan Jantung


Makanan berwarna merah, terutama tomat, mengandung likopen, yang dikenal memiliki sifat pelindung jantung. Lycopene membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Sebuah studi pada 2021 yang diterbitkan di Bioscience Research menunjukkan bahwa potasium yang ditemukan dalam semangka, makanan merah lainnya, membantu memerangi penyakit jantung dan melindungi kesehatan jantung.

2. Mencegah Kanker


Antioksidan dalam makanan merah memerangi radikal bebas. Makanan ini berpotensi mengurangi risiko kanker tertentu, termasuk kanker payudara dan prostat.

3. Meningkatkan Penglihatan


Buah berwarna merah seperti stroberi dan semangka kaya akan vitamin C dan antioksidan. Mereka meningkatkan kesehatan mata dan mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1122 seconds (0.1#10.140)