8 Penyakit Pasca-lebaran akibat Makan Berlebihan, Kolesterol hingga Asam Urat

Sabtu, 13 April 2024 - 07:30 WIB
loading...
8 Penyakit Pasca-lebaran akibat Makan Berlebihan, Kolesterol hingga Asam Urat
Sajian khas Lebaran kerap membuat ‘kalap’. Jika mengonsumsinya berlebihan, bisa memicu beragam penyakit. Foto/ Instagram
A A A
JAKARTA - Sajian khas Lebaran kerap membuat ‘kalap’. Ini karena rasanya yang lezat dan hanya dihadirkan di hari spesial. Namun, jika mengonsumsinya berlebihan, bisa memicu berbagai macam penyakit.

Ada pun penyakit pasca-lebaran yang kerap dialami banyak orang, seperti diare, sindrom dispepsia, radang tenggorokan hingga diabetes.



Berikut beberapa macam penyakit setelah lebaran yang perlu diwaspadai, dilansir dari laman Siloam Hospital, Sabtu (13/4/2024).

Penyakit Pasca-lebaran

1. Kolesterol Tinggi

Asupan makanan berlemak, seperti gorengan, jeroan, dan santan, yang tidak terkontrol saat lebaran diketahui berisiko meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh.

Jika terjadi secara terus-menerus, peningkatan kadar kolesterol jahat ini dapat memicu komplikasi serius, seperti jantung koroner hingga serangan jantung.

2. Diabetes

Konsumsi hidangan lebaran yang mengandung gula tinggi secara berlebihan diketahui dapat meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh.

Jika dibiarkan, kondisi ini berisiko menimbulkan penyakit diabetes. Karena itu, ada baiknya untuk membatasi konsumsi makanan tinggi gula selama lebaran guna menjadi kadar gula darah agar tetap stabil.

3. Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan atau faringitis merupakan peradangan yang terjadi di tenggorokan dan dengan rasa perih serta nyeri ketika menelan.

Saat lebaran, penyakit ini sering kali terjadi karena konsumsi makanan dan minuman yang terlalu panas, dingin, atau pedas secara berlebihan.

4. Diare

Risiko penyakit setelah lebaran selanjutnya adalah diare, yaitu gangguan pencernaan yang ditandai dengan feses cair dan meningkatnya frekuensi buang air besar.

Diare setelah lebaran sering kali terjadi karena pola makan yang tidak terjaga, seperti mengonsumsi makanan pedas dan tinggi lemak secara berlebihan, hingga mengonsumsi makanan tanpa cuci tangan.

5. Sindrom Dispepsia

Selain diare, sindrom dispepsia juga menjadi salah satu gangguan pencernaan yang rentan terjadi setelah lebaran. Hal ini dikarenakan makanan pedas dan tinggi lemak yang dikonsumsi saat lebaran cenderung lebih sulit dicerna oleh lambung sehingga dapat memicu naiknya asam lambung. Akibatnya, kondisi tersebut berisiko menimbulkan gejala nyeri pada ulu hati, perut kembung, hingga mual dan muntah.

6. Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Tekanan darah tinggi (hipertensi) merupakan kondisi medis berupa tekanan darah melebihi batas normal, yaitu di atas 120/80.

Kondisi ini juga rentan terjadi selama lebaran karena konsumsi hidangan lebaran yang mengandung lemak dan garam tinggi secara berlebihan.

7. Nyeri Otot

Lebaran menjadi momen yang kerap diisi dengan berbagai macam aktivitas fisik, seperti berkunjung untuk silaturahmi atau pergi ke tempat wisata bersama keluarga.

Namun, bila dilakukan secara berlebihan, hal tersebut justru dapat menimbulkan gangguan kesehatan, seperti nyeri hingga kram otot.


8. Asam Urat

Penyakit asam urat atau gout adalah radang sendi yang disebabkan oleh menumpuknya kristal asam urat di dalam tubuh.

Penyakit asam urat rentan kambuh saat lebaran karena konsumsi makanan yang mengandung asam urat secara berlebihan, seperti melinjo, kacang tanah, dan produk olahannya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1531 seconds (0.1#10.140)