Terungkap! Biaya Pernikahan Zaskia Mecca dan Hanung Bramantyo, hanya Habiskan Rp7,5 Juta

Minggu, 14 April 2024 - 16:29 WIB
loading...
Terungkap! Biaya Pernikahan Zaskia Mecca dan Hanung Bramantyo, hanya Habiskan Rp7,5 Juta
Siapa sangka jika pernikahan Zaskia Mecca dan Hanung Bramantyo hanya menghabiskan dana Rp7,5 juta. Foto/ Instagram
A A A
JAKARTA – Siapa sangka jika pernikahan Zaskia Mecca dan Hanung Bramantyo hanya menghabiskan dana Rp7,5 juta pada 14 September 2009.

Ini berbeda dengan banyak public figure yang menikah dengan konsep mewah dengan menggelontorkan biaya fantastis.



Zaskia Mecca pun merasa heran melihat fenomena, di mana menikah seolah menjadi suatu hal yang menyulitkan karena harus menelan biaya besar.

"Aku enggak habis pikir orang mau nikah keluar duit banyak karena orang Indonesia tuh kasihan loh, budaya kita membuat pernikahan itu menjadi sulit dan jadi mahal," kata Zaskia Adya Mecca dikutip dari kanal YouTube Gue Sehat, Minggu (14/4/2024).

Menurutnya, budaya yang mengakar di masyarakat dimana menikah harus dibuat pesta besar-besaran sering kali menyulitkan calon pasangan yang akan menikah. Padahal, jika berkaca pada syariat agama Islam yang dianutnya, menikah bisa dilakukan dengan cara yang sederhana.

"Budaya dan syariat ketika disatukan itu kan syariat itu sebenarnya simpel banget kadang-kadang budaya itu membuatnya jadi sulit gitu sedangkan yang kita butuhkan syariatnya ini yang penting sah aja ngikutin apa yang Rasulullah lakukan. Bahkan sayidina Ali ketika menikah juga kan enggak ada apa-apa, dikasih baju perangnya Rasulullah buat mahar gitu kan. Jadi sebenarnya simpel," ungkapnya.

Bahkan, tak jarang ditemukan kasus pasangan yang sampai terpaksa berhutang demi menggelar pesta pernikahan yang mewah. Padahal menurutnya, sejatinya pasangan yang akan menikah nantinya akan memulai hidup yang baru sehingga harus memiliki finansial yang cukup. Jangan sampai uangnya habis hanya untuk acara pesta pernikahan yang hanya berlangsung beberapa jam saja.

"Banyak orang Indonesia ketika nikah akhirnya terbebani jadi hutang terus padahal nikah itu adalah memulai hidup baru dari nol sama seseorang gitu. Harusnya punya modal yang banyak, modal malah habis but acara satu malam," jelasnya.

Sehingga, Zaskia ingin mengubah stigma bahwa menikah itu mahal karena masyarakat kerap melihat contoh dari public figure yang sedang tren, di mana menikah dengan konsep yang mewah.



Zaskia ingin memperlihatkan bahwa dengan modal Rp7,5 juta saja, pasangan tetap bisa bersatu dalam ikatan pernikahan yang dinikahkan oleh penghulu dan disaksikan oleh orang-orang terdekat. Jika memang tidak mampu menggelar pesta pernikahan mewah, maka tidak perlu dipaksakan.

"Jadi buat aku Aku pengin mengembalikan aja pengin merubah karena kan kalau yang nikah public figure orang banyak yang ngeliat 'Oh si itu nikah, nikahnya kayak apa' jadi standar gitu kan. Nah aku pengin bisa nyontohin ke orang lain, nikah dengan Rp7,5 juta itu cukup," ucap dia.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1263 seconds (0.1#10.140)