Keunikan Kelapa Bakar Indonesia Mendunia, Bikin Wisatawan Mancanegara Penasaran Mencoba

Selasa, 16 April 2024 - 12:12 WIB
loading...
Keunikan Kelapa Bakar Indonesia Mendunia, Bikin Wisatawan Mancanegara Penasaran Mencoba
Kalau biasanya air kelapa disajikan dengan es dan gula, namun berbeda dengan minuman kelapa yang satu ini, yaitu kelapa bakar. Foto/X @gunsnrosesgirl3
A A A
JAKARTA - Air kelapa termasuk salah satu minuman yang cukup mudah ditemukan di Indonesia. Terlebih jika Anda sedang pelesiran ke daerah pantai, maka akan semakin mudah menemukan penjual kelapa.

Kelapa sendiri memiliki segudang manfaat yang bagus untuk tubuh, salah satunya mengandung elektrolit yang bisa membantu menghidrasi tubuh. Maka tak heran banyak orang minum air kelapa ketika menghadapi cuaca panas.

Kalau biasanya air kelapa disajikan dengan es dan gula, namun berbeda dengan minuman kelapa yang satu ini, yaitu kelapa bakar. Sesuai namanya, kelapa ini melalui proses pembakaran terlebih dulu sebelum akhirnya disajikan.



Minuman kelapa bakar sudah banyak dijual di beberapa daerah di Indonesia.

Melansir akun X @gunsnrosesgirl3, Selasa (16/4/2024), salah satu netizen dari luar negeri membagikan sebuah video yang berisi tentang proses pembuatan kelapa bakar. Kelapa muda dibakar terlebih dulu menggunakan sebuah alat bakaran yang bagian bawahnya terdapat api panas. Kemudian kelapa hijau ditaruh di atas tungku tersebut dan ditutup bagian atasnya agar seluruh bagian kelapa terbakar sempurna.

Apabila seluruh bagian kelapa sudah kehitaman dan berasap, maka kelapa tersebut sudah terbakar sempurna dan siap untuk di kupas kulitnya. Bahkan pedagang tersebut mengupas bagian kulit kelapa bakar dalam keadaan yang masih sangat panas dan mengeluarkan asap.
Keunikan Kelapa Bakar Indonesia Mendunia, Bikin Wisatawan Mancanegara Penasaran Mencoba

X @gunsnrosesgirl3

Kulit kelapa yang kehitaman akan diiris dengan pisau agar tidak meninggalkan noda untuk para pembeli. Setelah itu, kelapa tersebut ditaruh ke sebuah wadah mangkuk dan siap disajikan dalam kondisi hangat. Sensasi segar tetap terasa meskipun disajikan dalam kondisi hangat.

Kelapa bakar ini juga terkenal dengan manfaatnya yang baik untuk kesehatan. Bahkan para netizen dari belahan dunia lain merasa ingin mencoba kelapa bakar secara langsung, lantaran unik dan jarang ditemui di negara mereka.
Keunikan Kelapa Bakar Indonesia Mendunia, Bikin Wisatawan Mancanegara Penasaran Mencoba

X @gunsnrosesgirl3



“Haven't tested Roasted coconut before, how does it taste? (Belum pernah merasakan kelapa bakar sebelumnya, bagaimana rasanya?)” tanya @roz****.

“Interesting way to serve coconut but I’m in. Is it good? I’d love to give it a try! (Cara unik untuk menyajikan kelapa tapi aku tertarik, apakah enak? Aku ingin mencobanya),” ujar @tmi****.

“That looks good. Makes me think of roasted chestnuts. (Itu terlihat enak. Membuatku teringat pada chestnut panggang),” timpal @sci****.

“Roast coconut street food in Indonesia is a must-try for foodies visiting the country. (Jajanan kaki lima kelapa panggang di Indonesia wajib dicoba bagi pecinta kuliner yang berkunjung ke negara ini),” kata @dda****.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2868 seconds (0.1#10.140)