Siomay Indonesia Raih Predikat Dumpling Terbaik Dunia versi Taste Atlas

Senin, 15 April 2024 - 13:44 WIB
loading...
Siomay Indonesia Raih Predikat Dumpling Terbaik Dunia versi Taste Atlas
Siomay menorehkan prestasi di kancah kuliner internasional. Mengalahkan puluhan makanan lain, kudapan berbahan dasar ikan itu telah dinobatkan sebagai dumpling (pangsit) terbaik di dunia oleh Taste Atlas. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Siomay ikut menorehkan prestasi di kancah kuliner internasional. Mengalahkan puluhan makanan lain, kudapan berbahan dasar ikan itu telah dinobatkan sebagai dumpling (pangsit) terbaik di dunia oleh Taste Atlas.

Daftar Top 100 Dumplings in The World itu dirilis pada 8 April lalu. Siomay berhasil mengalahkan guotie dari China atau yang dikenal sebagai kuotie di Indonesia.

Kuotie menjadi salah satu kudapan populer yang digemari masyarakat Tanah Air. Guotie berada tepat satu posisi di bawah siomay. Daftar 10 besar dumpling terenak didominasi oleh China dengan menempatkan 6 jenis dumpling khas negara tersebut.



Menurut Taste Atlas, siomay adalah masakan Indonesia yang terbuat dari pangsit ikan kukus berbentuk kerucut, telur, kentang, kubis, tahu, dan pare. Setelah dikukus, semua bahan ditampung di piring, dipotong-potong seukuran sekali gigit, dan ditaburi saus kacang pedas. Sentuhan terakhir pada hidangan ini adalah siraman kecap manis dan sambal, serta sedikit perasan jeruk nipis.

Siomay berasal dari bahasa China, shumai, dan diyakini berasal dari kalangan imigran Tionghoa yang datang ke Indonesia pada masa penjajahan Belanda. Saat ini, siomay disukai oleh segala kalangan sehingga bisa ditemukan di pinggir jalan, pusat jajanan, hingga restoran ternama.

Meski siomay bandung begitu populer hingga disebut makanan yang berasal dari Bandung, nyatanya siomay menjadi makanan yang mudah ditemukan di berbagai daerah.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1460 seconds (0.1#10.140)