Olahraga yang Cepat Mengecilkan Perut Buncit dalam Beberapa Minggu

Minggu, 21 April 2024 - 07:00 WIB
loading...
Olahraga yang Cepat Mengecilkan Perut Buncit dalam Beberapa Minggu
Perut buncit yang membandel dan tidak kunjung hilang dapat dikecilkan dalam hitungan minggu dengan melakukan olahraga selama 20 hingga 30 menit di rumah. Foto/Pure gym
A A A
JAKARTA - Perut buncit yang membandel dan tidak kunjung hilang dapat dikecilkan dalam hitungan minggu dengan melakukan olahraga selama 20 hingga 30 menit. Aktivitas fisik ini bisa dilakukan dengan nyaman di rumah sendiri setiap hari.

Perut buncit sangat berbahaya karena ini menandakan Anda memiliki terlalu banyak lemak visceral, yakni jenis lemak yang ditemukan di sekitar organ. Lemak visceral dalam jumlah tertentu diperlukan untuk melindungi organ-organ.

Dilansir dari Express, Minggu (21/4/2024) namun jika jumlahnya terlalu banyak, hal ini dikaitkan dengan masalah kesehatan yang mematikan seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung hingga kanker.

Untungnya, ada olahraga tertentu yang telah terbukti bisa mengecilkan perut buncit yang tidak diinginkan, dan memberikan hasil terbaik. Salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan lemak di perut adalah latihan interval intensitas tinggi (HIIT).



Olahraga ini melibatkan latihan intensitas tinggi dalam jangka waktu singkat diikuti dengan periode pemulihan singkat yang sering diulang beberapa kali selama periode 20 hingga 30 menit.

Ini merupakan kabar baik, terutama bagi orang-orang yang tidak memiliki banyak waktu luang. Pasalnya, HIIT dapat dilakukan dalam waktu singkat dan cepat serta juga tidak memerlukan keanggotaan gym yang mahal.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine pada 2022 menemukan bahwa bentuk olahraga ini meningkatkan pembakaran lemak lebih banyak daripada olahraga aerobik.

Para peneliti dari Victoria University di Australia menjelaskan bahwa HIIT memiliki banyak manfaat tidak hanya selama sesi itu sendiri. Namun, juga dengan meningkatkan pembakaran lemak selama aktivitas fisik dan sehari-hari lainnya.



“Melakukan HIIT dapat meningkatkan pembakaran lemak, dengan efek yang lebih besar diharapkan terjadi pada mereka yang menjalani latihan lebih lama dan pada individu yang kelebihan berat badan atau obesitas,” jelas para peneliti.

Mereka menambahkan bahwa metabolisme lemak akan membaik setelah empat minggu menjalani HIIT dan akan terus meningkat seiring berjalannya waktu. Selain itu, HIIT bisa untuk meningkatkan kesehatan metabolisme dan mengelola obesitas.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1435 seconds (0.1#10.140)