Seberapa Dalamkah Danau Manly? Berikut Jawaban dan Fakta Ilmiahnya

Minggu, 21 April 2024 - 11:59 WIB
loading...
Seberapa Dalamkah Danau Manly? Berikut Jawaban dan Fakta Ilmiahnya
Danau Manly. FOTO/ IFL SCIENCE
A A A
JAKARTA - Danau Manly, danau sementara yang muncul di Death Valley pada musim panas 2023, memiliki kedalaman yang bervariasi sepanjang waktu. Menurut analisis citra satelit terbaru, kedalaman danau mencapai maksimum 15 cm pada tanggal 17 Februari 2024. Kedalamannya kemudian berangsur-angsur menyusut hingga danau akhirnya mengering pada akhir Maret 2024.


Meskipun tergolong dangkal, Danau Manly merupakan fenomena yang menarik karena terjadi di tempat terkering di Amerika Utara. Kemunculannya disebabkan oleh hujan deras yang dibawa Badai Hilary pada bulan Agustus 2023.

Penelitian kedalaman Danau Manly dilakukan dengan menggunakan data dari satelit Surface Water and Ocean Topography (SWOT) yang diluncurkan pada tahun 2022.

Seperti dilansir dari IFL Science, satelit ini dilengkapi dengan instrumen bernama Ka-band Radar Interferometer (KaRIn) yang mampu mengukur ketinggian permukaan air.

Dengan menggabungkan data ketinggian permukaan dari SWOT dengan data ketinggian daratan Badwater Basin, para peneliti dapat memperkirakan kedalaman Danau Manly secara akurat.

Informasi mengenai kedalaman Danau Manly ini penting untuk memahami dinamika sistem danau yang unik di daerah kering seperti Death Valley. Hal ini juga dapat membantu memprediksi kemunculan danau sementara di masa depan, serta mengukur dampak perubahan iklim terhadap ketersediaan air di wilayah tersebut.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7102 seconds (0.1#10.140)