Prilly Latuconsina dan Konservasi Indonesia Edukasi soal Sampah Plastik Laut

Minggu, 21 April 2024 - 14:59 WIB
loading...
Prilly Latuconsina dan Konservasi Indonesia Edukasi soal Sampah Plastik Laut
Prilly Latuconsina mengikuti aksi damai dan edukasi soal sampah plastik laut saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB), MInggu (21/4) pagi. Foto/Dok.Konservasi Indonesia, Arief Indrawan
A A A
JAKARTA - Prilly Latuconsina menyambut Hari Bumi Sedunia dengan mengikuti aksi damai dan kegiatan teatrikal soal edukasi sampah plastik laut , pada Minggu (21/4) pagi di Taman Spot Budaya Dukuh Atas, Jakarta.

Acara ini merupakan kolaborasi Konservasi Indonesia bersama Prilly dan komunitas Generasi Peduli Bumi (GPB) yang didirikannya. Ikut serta juga kelompok mahasiswa Biologi Kelautan Universitas Indonesia (SIGMA B-UI) dan Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) Biologi UI.

Aksi damai ini ikut mengusung tema global dari EarthDay.org, yakni Planet Vs. Plastics. Adapun pesan yang dibawakan adalah tentang "Rayakan Hari Bumi, Lestarikan Ibu Pertiwi".



Senior Vice President dan Eksekutif Chair Konservasi Indonesia Meizani Irmadhiany mengatakan bahwa bergabungnya semua elemen masyarakat pada kegiatan kali ini membuktikan bahwa sudah banyak masyarakat yang menyadari bahwa penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari dapat berdampak panjang, mulai dari darat hingga lautan.

"Salah satu yang ditargetkan adalah upaya pembersihan sampah laut. Kita sudah tidak bisa tutup mata bahwa masalah sampah plastik di Indonesia kebanyakan berasal dari darat. Kondisi itu tidak hanya berdampak pada lingkungan di daratan, tapi juga sudah memiliki pengaruh besar untuk kehidupan biota laut," ujar Meizani.

"Hal ini menjadi sangat penting untuk dipahami oleh semua pihak agar kita dapat bergerak bersama-sama dalam menjaga laut yang merupakan sumber penghidupan untuk masyarakat Indonesia," imbuhnya.

Prilly Latuconsina dan Konservasi Indonesia Edukasi soal Sampah Plastik Laut

Foto: Dok.Konservasi Indonesia/Arief Indrawan

Prilly Latuconsina selaku Founder Generasi Peduli Bumi mengungkapkan bahwa kominitas ini dibuat dari keresahan Prilly kala melihat tumpukan sampah plastik ketika Ia melakukan diving. Komunitasnya fokus pada keberlanjutan untuk pengolahan sampah daur ulang limbah plastik.

"Sebagai generasi muda, kami juga tidak ingin nantinya laut-laut di Indonesia yang sangat indah dan menjadi rumah dari ribuan spesies ikan dan ratusan spesies terumbu karang menjadi hancur dan musnah," kata Prilly yang bersama Generasi Peduli Bumi juga memiliki kegiatan membersihkan pantai dari sampah laut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2695 seconds (0.1#10.140)