8 Alasan Anak Muda Terjerumus Narkoba, Berkaca Kasus Chandrika Chika

Rabu, 24 April 2024 - 11:57 WIB
loading...
A A A
Perasaan itu yang membuat anak muda mencoba sedikit demi sedikit narkotika tersebut. Hal ini diperparah dengan pengaruh lingkungan yang mendukung penggunaan narkotika untuk melepas kepenatan.

4. Pengaruh Media
Pengaruh media juga bisa jadi alasan anak muda hanyut dalam pengaruh narkoba. Ketika remaja melihat orang-orang meminum alkohol di film, acara populer, dan di media sosial, hal ini menarik bagi mereka. Waspadai media yang dikonsumsi anak-anak dan bicarakan dengan mereka mengenai hal tersebut.

5. Pemberontakan
Di usia remaja, mereka biasanya ingin mencari jati diri dan cenderung melakukan pemberontakan. Faktor ini bisa jadi alasan mereka menggunakan narkoba.

Merokok hingga menggunakan narkotika bisa menjadi salah satu bentuk pemberontakan untuk menunjukkan kemandiriannya. Alasan penggunaan narkoba pada remaja sering kali dikaitkan dengan pemberontakan dan pencarian jati diri.

6. Kepuasan Instan
Alkohol dan obat-obatan lain bekerja dengan cepat. Efek awalnya bisa terasa sangat menyenangkan.

Remaja mungkin beralih mencicipi narkoba karena mereka melihatnya sebagai jalan pintas untuk menghilangkan emosi negatif seperti rasa cemas, depresi, kesal atau bosan.

7. Kurangnya Rasa Percaya Diri
Banyak remaja pemalu dan kurang percaya diri. Ini menjadi alasan mereka menggunakan narkoba agar memiliki keberanian menghadapi dunia luar.

Adapun pengaruh pergaulan yang menganggap pemakaian narkoba bisa membuat mereka terlihat keren. Faktor tersebut membuat mereka memutuskan memakai narkoba agar terlihat keren dan menambah rasa percaya diri.



8. Informasi yang Salah
Satu lagi alasan penggunaan narkoba pada anak muda adalah informasi yang tidak akurat. Mereka biasanya mendapat saran dan informasi mengenai pemakaian narkoba dari lingkunhan sekitar.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1447 seconds (0.1#10.140)