Awas! Efek Samping Memakai Earphone Bervolume Keras Bisa Merusak Telinga

Sabtu, 04 Mei 2024 - 15:00 WIB
loading...
Awas! Efek Samping Memakai Earphone Bervolume Keras Bisa Merusak Telinga
Memakai earphone dengan volume yang terlalu keras dapat menyebabkan beberapa efek samping yang merugikan pada telinga. Sayangnya, tak banyak orang menyadari. Foto/Midwest Ear, Nose & Throat Specialists
A A A
JAKARTA - Memakai earphone dengan volume yang terlalu keras dapat menyebabkan beberapa efek samping yang merugikan pada telinga. Sayangnya, tak banyak orang menyadari bahaya di balik kebiasaan ini.

Certified health coach, dr. Dion Haryadi, PN1, CHC, AIFO-K mengatakan bahwa mendengarkan musik dengan earphone atau headphone dengan volume yang keras bisa memicu noise induced hearing loss (NIHL).

NIHL merupakan sebuah gangguan pendengaran akibat kebisingan yang terjadi dalam frekuensi yang terlalu sering. Kondisi ini termasuk serius karena sulit untuk diperbaiki.

Bahkan dr. Dion Haryadi mengungkap NIHL bisa memicu kemunculan sensasi telinga berdenging yang bisa berlangsung dalam waktu yang sebentar maupun lama. Kondisi ini dikenal dengan istilah tinitus.



“NIHL itu serius banget, karena kerusakannya itu sulit untuk diperbaiki. Kalau udah kena itu jadi susah mendengar dan bisa bikin tinitus juga,” kata dr. Dion dikutip dari akun Instagram @dionharyadi, Sabtu (4/5/2024).

Hal ini telah terbukti dengan adanya beberapa penelitian yang menyatakan hasil yang serupa. Selain itu, ketika Anda mendengarkan musik dengan volume yang kencang, sering kali Anda merasa tak sadar dan sudah terhanyut dengan suara tersebut.

Sehingga secara tidak sadar, Anda melukai atau merusak telinga dengan sendirinya. Idealnya, volume earphone maupun headphone yang aman ketika masih bisa mendengar suara orang yang ada di sekitar.

“Sebaiknya turunin volume earphone atau headphone. Kalo sudah bisa mendengar suara orang lain di sekeliling, berarti caranya sudah pas,” sarannya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1191 seconds (0.1#10.140)