13 Manfaat Kulit Pisang yang Jarang Diketahui, Bisa Turunkan Kolesterol

Senin, 06 Mei 2024 - 06:06 WIB
loading...
13 Manfaat Kulit Pisang yang Jarang Diketahui, Bisa Turunkan Kolesterol
Kulit pisang menyimpan banyak manfaat dan kegunaan yang jarang diketahui banyak orang. Kulit buah dan sayur bahkan lebih sehat dibandingkan bagian intinya. Foto/Food Network
A A A
JAKARTA - Kulit pisang menyimpan banyak manfaat dan kegunaan yang jarang diketahui banyak orang. Kulit buah dan sayur bahkan lebih sehat dibandingkan bagian intinya, dan salah satu contohnya adalah pisang.

Menurut para ahli, kulit pisang berkhasiat tinggi dan sarat manfaat. Kulit pisang bisa digoreng untuk dijadikan keripik, jika tidak, bisa dikonsumsi dalam smoothie, digoreng sebagai lauk, atau digunakan dalam kue.

Dianjurkan untuk mencuci kulit pisang secara menyeluruh sebelum memakannya karena permukaannya mungkin mengandung pestisida dan debu berbahaya. Berikut manfaat kulit pisang dan kegunaannya yang jarang diketahui dilansir dari Times of India, Minggu (5/5/2024).

Manfaat Kulit Pisang yang Jarang Diketahui





1. Mengurangi Risiko Kanker


Kulit pisang diketahui kaya akan polifenol, karotenoid, dan antioksidan lain yang melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab kanker. Mengonsumsi lebih banyak kulit pisang dapat meningkatkan kadar antioksidan dan menurunkan kemungkinan terkena kanker.

2. Mengurangi Depresi


Vitamin B6 dan kandungan triptofan yang tinggi pada pisang dapat membantu mengatasi beberapa gejala depresi dan gangguan mood lainnya.

3. Menurunkan Kolesterol


Kulit pisang memiliki serat larut dan tidak larut, yang menurunkan kolesterol dan mencegah kolesterol menempel pada dinding arteri. Ini membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

4. Baik untuk mata


Kulit pisang baik untuk mata dan mengurangi kemungkinan katarak. Menempatkannya di dekat mata dikatakan dapat membantu mengurangi bengkak. Selain itu, kulitnya membantu meringankan lingkaran hitam di bawah mata dan mengurangi munculnya garis-garis halus.

5. Meredakan Sembelit


Kulit pisang tinggi serat, yang membantu pergerakan usus secara teratur. Serat membantu pertumbuhan bakteri baik di usus, yang meningkatkan kesehatan pencernaan dan menjaga kesehatan usus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1704 seconds (0.1#10.140)