Berapa Kalori dalam 1 Mangkuk Kolak Pisang? Cek Faktanya!

Rabu, 13 Maret 2024 - 17:25 WIB
loading...
Berapa Kalori dalam 1 Mangkuk Kolak Pisang? Cek Faktanya!
Kalori dalam kolak pisang tergantung pada berbagai faktor. Kolak pisang terbuat dari pisang, santan, gula, dan bumbu seperti daun pandan atau kayu manis. Foto/Istock Photo Ferlistockphoto
A A A
JAKARTA - Kalori dalam kolak pisang tergantung pada berbagai faktor. Termasuk jumlah bahan yang digunakan dan metode memasaknya. Kolak pisang umumnya terbuat dari pisang, santan, gula, dan bumbu lainnya seperti daun pandan atau kayu manis.

Certified health coach, dr. Dion Haryadi, PN1, CHC, AIFO-K mengatakan bahwa total kalori kolak pisang per saji sebesar 592 kalori. Ini terdiri dari pisang raja 3 buah (303 kalori), 100 ml gula merah cair (228 kalori), 65 ml santan cair (151 kalori).

Selain itu, 2 lembar daun pandan (2 kalori) dan air 500 ml (0 kalori). Sedangkan kalori satu porsi kolak pisang (per 1/3 sajian) terdiri dari 1 buah pisang raja (101 kalori), 33 ml gula merah cair (76 kalori), 22 ml santan cair (50 kalori), 2/3 lembar daun pandan (0,7 kalori) dan air 167 ml (0 kalori).

“Secara kalori sebenarnya nggak tinggi-tinggi banget juga sih kalau kamu makan satu porsinya doang,” kata dr. Dion dikutip dari akun Instagram pribadinya, @dionharyadi, Rabu (13/3/2024).



“Cuma sekitar 197 kalori. Santan cair bisa kamu ganti ke susu skim atau susu low fat, atau almond milk untuk ngurangin kalori dan lemak jenuhnya,” sambungnya.

Lebih lanjut, dr. Dion menyarankan untuk menambah ubi jalar ke dalam kolak pisang. Selain akan menambah kenikmatan rasa dan tekstur, ubijalar yang juga tinggi serat akan membuat Anda kenyang lebih lama.

“Kamu bisa nambahin kayak ubi jalar juga ke dalamnya untuk nambah karbo dan juga seratnya supaya sedikit lebih kenyang,” jelasnya.

“Kalau kamu mau hemat kalori banget dan mau makan lebih banyak di makan besar, kamu bisa kurangin lagi porsinya. Menurut saya nggak terlalu masalah,” tambahnya.



Adapun alternatif lain untuk menghemat kalori dalam semangkuk kolak pisang dengan mengganti gula merah. Makanan bersantan dan berkuah ini tetap akan terasa nikmat dan manis dengan menggunakan pemanis 0 kalori.

“Gula merahnya sebenarnya bisa kamu ganti ke pemanis 0 kalori untuk menghemat kalori lebih lanjut,” ujarnya.

“Jadi untuk satu porsi dengan 197 kalori, kalau kamu ganti gula merahnya ke pemanis 0 kalori, kamu udah hemat sekitar 76 kalori. Lumayan banget,” pungkasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2063 seconds (0.1#10.140)