Profil Pendiri Sepatu Bata, Pengusaha asal Ceko yang Identik dengan Angka 9

Kamis, 09 Mei 2024 - 19:07 WIB
loading...
Profil Pendiri Sepatu Bata, Pengusaha asal Ceko yang Identik dengan Angka 9
Melihat latar sepatu Bata, alas kaki ini didirikan oleh Thomas Bata. Lalu, siapa sosok pria ini? Foto/nyt
A A A
JAKARTA - Sepatu Bata telah menjadi salah satu pilihan dalam dunia alas kaki. Meski telah beberapa dekade berdiri, sepatu Bata menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat Indonesia lantaran pabriknya di Purwakarta, Jawa Barat ditutup.

Melihat latar sepatu Bata, alas kaki ini didirikan oleh Thomas Bata. Lalu, siapa sosok pria ini hingga namanya populer lewat merek Bata?


Profil Thomas Bata

Thomas Bata lahir pada 1876 di Kota Zlin, Republik Ceko. Thomas Bata merupakan pengusaha sepatu yang brilian. Dia adalah tokoh yang dijuluki "raja sepatu”.

Thomas juga aktif dalam bidang publik, bahkan pernah menjabat sebagai Walikota Zlin pada 1923 hingga 1932.Thomas pada akhirnya meninggal di Otrokovice pada 12 Juli 1932.

Thomas lahir dalam keluarga yang memiliki warisan panjang dalam pembuatan sepatu selama berabad-abad. Keluarganya adalah tukang sepatu yang terampil dan berpengalaman. Selama masa sekolahnya, Thomas BaĹĄa belajar dalam bahasa Jerman.

Pada usia 12 tahun, minat Thomas Baťa dalam pekerjaan ayahnya mulai berkembang. Namun, minatnya tidak hanya terbatas pada pembuatan sepatu, tetapi juga meliputi strategi penjualan. Pada saat itu, dia sudah memiliki pengetahuan dasar yang penting bagi seorang tukang sepatu. Dua tahun kemudian, meskipun tidak mendapat izin dari ayahnya, Tomáš memutuskan untuk meninggalkan rumah dan pergi ke kota Prostějov.

Di sana, Thomas mulai bekerja di perusahaan Fäber yang mengkhususkan diri dalam produksi mesin pembuat sepatu. Pengalaman ini memungkinkannya untuk memperoleh keterampilan teknis baru, namun, ia kemudian dipecat karena majikannya khawatir Tomáš akan menjadi pesaing potensial.

Setelah kembali ke rumah ayahnya dan bertengkar dengannya, Thomas memutuskan untuk pergi ke kota Wina, di mana adik perempuannya, Anna, tinggal. Meskipun ia tidak memiliki apa-apa, Anna membantunya dengan memberikan pinjaman uang.

Thomas kemudian membuka usaha sendiri di bengkel pembuatan sepatu. Sayangnya, kurangnya pengetahuan Tomáš tentang pasar lokal dan juga kegiatan usahanya tanpa izin membuatnya kembali ke rumah ayahnya di Kota Uherske Hradiste, di mana ia mulai berusaha lagi.

Mendirikan Perusahaan Sepatu Bata
Bersama dua saudaranya, Antonin Jr. dan Anna, pada 1894, ia mendirikan perusahaan sepatu Bata di kota ZlĂ­n. ada awalnya, mereka hanya memproduksi satu jenis sepatu kulit. Dengan sekitar 10 pekerja, mereka menerapkan jam kerja dan pembayaran gaji mingguan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1808 seconds (0.1#10.140)