Manfaat Buah-buahan Berdasarkan Warna, Merah Baik untuk Jantung dan Otak

Sabtu, 11 Mei 2024 - 04:43 WIB
loading...
Manfaat Buah-buahan Berdasarkan Warna, Merah Baik untuk Jantung dan Otak
Setiap jenis buah memiliki manfaat dan khasiat yang berbeda dan bisa diketahui berdasarkan warna. Foto/ adobe stock
A A A
JAKARTA - Mengonsumsi buah-buahan bisa mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya memperkuat imun agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Meski begitu, setiap jenis buah-buahan tentu memiliki manfaat dan khasiat yang berbeda-beda untuk kesehatan tubuh. Bahkan, hal itu bisa diketahui berdasarkan warna buah.



Ya, warna pada buah-buahan ternyata bukan menjadi ciri khas saja, juga memiliki berbagai manfaat. Nah, berikut sederet manfaat buah-buahan untuk kesehatan dilihat dari warnanya, melansir dari akun X @eatsimple.

Manfaat Buah Berdasarkan Warna

1. Merah
Buah-buahan merah seperti stroberi, ceri, dan tomat mengandung likopen dan antosianin yang merupakan antioksidan kuat. Mereka dapat membantu melindungi jantung, menurunkan risiko kanker, dan meningkatkan kesehatan otak.

2. Oranye dan Kuning
Buah-buahan seperti wortel, mangga, dan jeruk mengandung beta-karoten, yang merupakan prekursor vitamin A. Beta-karoten baik untuk kesehatan mata, kulit, dan sistem kekebalan tubuh.

3. Hijau
Buah-buahan hijau seperti kiwi, apel hijau, dan anggur hijau mengandung lutein, zeaxanthin, dan vitamin C. Mereka membantu meningkatkan kesehatan mata, melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif, dan mendukung sistem kekebalan tubuh.



4. Ungu dan Biru
Buah-buahan seperti anggur ungu, blueberry, dan plum mengandung antosianin, yang merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi jantung, meningkatkan fungsi kognitif, dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

5. Putih
Buah-buahan putih seperti pisang, pir, dan buah persik putih mengandung kalium, serat, dan berbagai nutrisi lainnya. Mereka dapat membantu menjaga tekanan darah normal, pencernaan yang sehat, dan mengurangi risiko penyakit jantung.
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2033 seconds (0.1#10.140)
pixels