Efek Samping Minum Kopi setelah Konsumsi Obat, Waspada Komplikasi

Minggu, 12 Mei 2024 - 10:30 WIB
loading...
Efek Samping Minum Kopi setelah Konsumsi Obat, Waspada Komplikasi
Minum kopi setelah konsumsi obat dapat mengganggu penyerapan obat oleh tubuh. Ini karena kafein dalam kopi dapat mempercepat atau memperlambat penyerapan obat. Foto/Eat This Not That
A A A
JAKARTA - Minum kopi setelah konsumsi obat dapat mengganggu penyerapan obat oleh tubuh. Ini karena kafein dalam kopi dapat mempercepat atau memperlambat penyerapan beberapa obat, sehingga mengurangi efektivitasnya.

Dilansir dari Eat This Not That, Minggu (12/5/2024), studi yang dilakukan oleh kelompok peneliti internasional menemukan bahwa mengonsumsi kopi terlalu dekat dengan minum obat harus diperhitungkan untuk menghindari interaksi atau efek samping.

Temuan ini sejalan dengan studi yang dirilis pada 2020 oleh dua peneliti farmakologi di Ethiopia. Studi itu menjadi lebih spesifik, menunjukkan bahwa kopi secara signifikan mempengaruhi penyerapan, distribusi, metabolisme, dan ekskresi banyak obat.

Purvi Parekh, DO, seorang dokter penyakit dalam di Pennsylvania mengatakan bahwa komplikasi lain dapat terjadi akibat minum kopi setelah konsumsi obat.



“Masalah utamanya adalah kopi dapat memperkuat efek, atau mempengaruhi penyerapan, dari beberapa obat umum," kata Parekh.

“Ini pada gilirannya dapat mengganggu tujuan Anda untuk mendapatkan efek penuh dari obat,” sambungnya.

Di sisi lain, Tinjauan literatur terbaru yang diterbitkan dalam Critical Reviews in Food Science and Nutrition mengakui manfaat anti-inflamasi dan stres oksidatif kopi yang membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2, kanker, dan obesitas. Namun, para peneliti menemukan manfaat ini berkurang ketika diminum dengan obat-obatan yang dimaksudkan untuk menangani jenis kondisi kesehatan tersebut.

Itu juga terkait dengan peningkatan efek samping negatif dari obat. Karena kopi adalah minuman berkafein dan asam, itu dapat berdampak negatif pada cara tubuh menyerap dan memproses obat yang dikonsumsi.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1377 seconds (0.1#10.140)
pixels