Rambut Rontok setelah Mandi Bisa Jadi Tanda Penyakit Anemia

Rabu, 15 Mei 2024 - 06:00 WIB
loading...
Rambut Rontok setelah Mandi Bisa Jadi Tanda Penyakit Anemia
Rambut rontok setelah mandi bisa menjadi tanda penyakit anemia. Kondisi ini sering dikeluhkan banyak orang, terutama mereka yang mempunyai rambut panjang. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Rambut rontok setelah mandi bisa menjadi tanda berbagai kondisi kesehatan yang jarang diketahui, seperti penyakit anemia yang harus diwaspadai. Kondisi ini pun sering dikeluhkan banyak orang, terutama mereka yang mempunyai rambut panjang.

Pasalnya, rambut rontok terus-menerus cukup mengganggu. Pasalnya, bisa menyebabkan rambut menjadi tipis hingga memicu kebotakan yang akan memengaruhi penampilan.

Dokter dan health content creator, dr Kevin Mak mengatakan bahwa rambut rontok harus diwaspadai jika disertai dengan gejala seperti pusing dan kulit pucat. Di mana ini merupakan tanda dari penyakit anemia.

“Kalau rambut kamu rontok terus, apalagi kalau disertai gejala capek, pusing, kulit yang pucat, hati-hati,” kata dr Kevin dikutip dari akun Instagram pribadinya, @drkevinmak, Rabu (15/5/2024).



“Kamu mungkin menderita penyakit kekurangan darah alias anemia,” sambungnya.

Anemia adalah kondisi kesehatan yang terjadi ketika tubuh tidak memiliki jumlah sel darah merah yang cukup atau sel darah merah tidak berfungsi secara optimal. Sel darah merah membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Anemia dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kekurangan zat besi, defisiensi vitamin B12, kekurangan asam folat, penyakit kronis, infeksi, atau masalah genetik. Gejala anemia dapat bervariasi tergantung pada jenisnya dan seberapa parah kondisinya.

Namun, beberapa gejala umum kondisi ini meliputi kelelahan, pucat, sesak napas, detak jantung cepat, kulit kering, dan rambut rontok. Diagnosa anemia biasanya dilakukan melalui tes darah, yang meliputi pengukuran kadar hemoglobin dan hitung sel darah merah.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1750 seconds (0.1#10.140)
pixels