5 Menu Sarapan yang Diam-diam Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi, dan Kolesterol

Kamis, 16 Mei 2024 - 06:00 WIB
loading...
5 Menu Sarapan yang Diam-diam Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi, dan Kolesterol
Sejumlah menu sarapan diam-diam menyebabkan tekanan darah tinggi, dan kolesterol. Sarapan sering dianggap sebagai waktu makan paling penting dalam sehari. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Sejumlah menu sarapan diam-diam menyebabkan tekanan darah tinggi , dan kolesterol meski terasa enak. Sarapan sendiri sering dianggap sebagai waktu makan paling penting dalam sehari.

Pasalnya, sarapan dapat mempersiapkan tubuh untuk memulai hari atau tanpa disadari berkontribusi terhadap masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol . Ini karena beberapa makanan mengandung bahaya tersembunyi yang dapat berdampak negatif pada kesehatan jantung.

Mulai dari pancake, sereal, hingga roti bakar merupakan menu sarapan yang harus diwaspadai. Sayangnya, tidak banyak yang menyangka jika makanan tersebut dapat berdampak pada kesehatan jantung.

Menu Sarapan yang Diam-diam Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi, dan Kolesterol



Berikut menu sarapan yang diam-diam menyebabkan tekanan darah tinggi dan kolesterol dilansir dari Times of India, Kamis (16/5/2024).



1. Sereal


Meskipun sereal dapat menjadi bagian dari diet seimbang, jenis sereal tertentu dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol. Ini karena sereal tersebut kaya akan gula dan karbohidrat olahan, yang dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah dan insulin, yang berpotensi berdampak pada tekanan darah dan kolesterol.

Memilih sereal gandum utuh yang rendah gula tambahan dan memadukannya dengan makanan kaya protein dapat membantu mengurangi efek ini.

2. Pancake


Meski enak, pancake sering kali mengandung karbohidrat olahan dan lemak tidak sehat dalam jumlah tinggi, yang keduanya dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol. Makanan ini biasanya mengandung bahan-bahan seperti tepung olahan, gula, dan minyak terhidrogenasi, yang dapat meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik bila dikonsumsi berlebihan.

Selain itu, campuran pancake yang dikemas mengandung bahan tambahan dan pengawet buatan yang dapat berdampak negatif pada kesehatan jantung. Untuk menurunkan risiko masalah kolesterol, disarankan memilih pancake buatan sendiri yang menggunakan tepung gandum utuh dan sumber lemak yang lebih sehat seperti minyak zaitun atau pisang tumbuk daripada campuran yang sudah jadi.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1353 seconds (0.1#10.140)
pixels