5 Tips Kulit Bebas Keriput di Tengah Cuaca Panas Ekstrem

Rabu, 15 Mei 2024 - 12:12 WIB
loading...
5 Tips Kulit Bebas Keriput di Tengah Cuaca Panas Ekstrem
Cuaca panas yang menyengat bisa menyebabkan kulit menjadi kering, iritasi, dan bahkan berdampak pada keriput. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Cuaca panas tengah melanda sejumlah wilayah di Indonesia. Tak cuma kesehatan tubuh, kondisi kulit juga perlu diperhatikan agar tetap sehat dan cantik.

Cuaca panas dapat berdampak buruk pada kulit kita. Panas yang menyengat ini bisa menyebabkan kulit menjadi kering, iritasi, dan bahkan berdampak pada keriput. Menjaga kulit tetap sehat dan terhidrasi sangatlah penting, terutama saat suhu meningkat.

Tak perlu khawatir, Anda bisa melakukan cara sederhana namun ampuh untuk menjaga kulit tetap sehat dan bebas keribut di tengah cuaca panas. Berikut 5 tips yang dilansir laman Nutrifactor, Rabu (15/5/2024).


1. Jaga Kulit Tetap Terhidrasi

Menjaga kulit tetap terhidrasi sangat penting untuk menjaganya tetap sehat dan bercahaya. Saat dehidrasi, kulit Anda menjadi kering, bersisik, bahkan berisiko mengalami keriput.

Minum banyak air adalah cara yang bagus untuk menghidrasi kulit Anda dari dalam ke luar. Selain itu menggunakan produk yang dapat menghidrasi kulit Anda secara topikal juga penting. Carilah pelembab dan serum yang mengandung bahan yang menghidrasi.

2. Kenakan Tabir Surya

Mengenakan tabir surya adalah salah satu langkah terpenting dalam rutinitas perawatan kulit. Paparan sinar matahari yang berlebihan adalah salah satu penyebab terbesar kerusakan kulit, dan dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai penuaan dini hingga masalah kulit lain.

Itu sebabnya penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang berbahaya dengan memakai tabir surya setiap hari. Dengan menggunakan tabir surya secara rutin, Anda dapat mencegah kerusakan akibat sinar matahari serta menjaga kulit terlihat sehat dan cantik.

3. Minum Lebih Banyak Air dan Jus Buah

Minum lebih banyak air dan jus buah penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan memberikan keajaiban untuk kulit. Air membantu menghidrasi kulit dari dalam ke luar, mencegah kulit kering, pengelupasan, dan masalah lainnya. Selain itu, minum jus buah juga dapat memberi tubuh Anda vitamin dan antioksidan penting yang membantu melindungi kulit dari kerusakan.

Misalnya buah jeruk yang kaya vitamin C yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan menjaga kulit tetap awet muda. Sementara itu, buah beri seperti blueberry dan raspberry mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit.


4. Pilih Buah dan Sayuran Musiman

Mengonsumsi buah ataupun sayuran musiman bukan hanya cara lezat untuk menikmati produk segar dan beraroma, namun juga bermanfaat bagi kulit Anda. Buah-buahan dan sayuran musiman kaya akan vitamin dan mineral penting yang dapat membantu menyehatkan sekaligus melindungi kulit, khususnya saat cuaca panas.

Misalnya di bulan-bulan musim panas, Anda dapat menikmati buah-buahan lezat seperti semangka, beri, ataupun persik yang kaya antioksidan dan vitamin C. Dengan memasukkan buah dan sayuran musiman ke dalam makanan Anda bisa membantu mendukung kesehatan kulit dan menjaganya dari kerutan.

5. Gunakan Pelembab

Satu lagi cara menghindari keriput pada kulit di cuaca panas ialah menggunakan pelembab. Melembabkan adalah salah satu langkah terpenting dalam rutinitas perawatan kulit. Jika kulit Anda cukup lembab, kulit akan tampak halus dan bercahaya.

Selain itu, pelembab membantu mencegah kekeringan, pengelupasan, dan bahkan jerawat. Penting untuk memilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan mengandung bahan yang dapat menutrisi dan menghidrasi kulit. Oleskan pelembab segera setelah cuci muka saat kulit masih sedikit lembab. Cara ini membantu menjaga hidrasi pada kulit.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1403 seconds (0.1#10.140)
pixels