7 Perbedaan Glamping dan Camping, Anda Lebih Suka yang Mana?

Minggu, 19 Mei 2024 - 12:03 WIB
loading...
7 Perbedaan Glamping dan Camping, Anda Lebih Suka yang Mana?
Glamping dan camping merupakan jenis aktivitas outdoor yang banyak diminati masyarakat. Meski sama-sama mengusung konsep berkemah di alam terbuka, namun sejatinya dua aktivitas tersebut memiliki perbedaan yang mendasar. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Glamping dan camping merupakan jenis aktivitas outdoor yang banyak diminati masyarakat. Meski sama-sama mengusung konsep berkemah di alam terbuka, namun sejatinya dua aktivitas tersebut memiliki perbedaan yang mendasar.

Glamping yang merupakan gabungan kata dari glamorous dan camping merupakan konsep berkemah baru. Dikutip dari kamus Merriam Webster, arti glamping adalah berkemah dengan fasilitas dan kenyamanan yang biasanya tidak digunakan saat berkemah, seperti tempat tidur dan listrik.

Fasilitas dan tingkat kenyamanan itulah yang menjadikan pengalaman berkemah dengan glamping menjadi lebih mewah dibandingkan dengan camping biasa. Wisata glamping ini biasanya juga berada di lokasi pegunungan nan indah serta memiliki akses kendaraan yang mudah dicapai.



Glamping menjadi tren wisata yang diminati belakangan ini. Kegiatan tersebut diyakini mampu menyegarkan pikiran, karena Anda bisa bersantai sambil memandangi indahnya pemandangan hijau tanpa harus bawa banyak peralatan seperti halnya ketika ingin camping. Hal ini jugalah yang menjadi salah satu perbedaan glamping dan camping.

Nah, untuk mengetahui lebih banyak perbedaan glamping dan camping, simak ulasan berikut ini, yang dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (19/5/2024).

Perbedaan Glamping dan Camping

1. Lokasi dan Tempat Tidur

Camping: berkemah di tenda yang dibawa sendiri dan memasangnya di lokasi terpencil untuk menikmati alam. Berkemah di tenda ini menggunakan kantong tidur sebagai alas tidur di atas tanah.

Glamping: berkemah di tempat yang menyerupai tenda ataupun unit yang dibangun di lingkungan alami dengan fasilitas seperti kulkas dan listrik. Lokasinya biasanya hanya beberapa meter dari restoran dan tempat wisata. Tempat tidur di glamping adalah kasur nyaman dengan seprei bersih.

2. Ketersedian Makanan dan Minuman

Camping: kalau mau makan atau minum kopi, Anda harus memasak sendiri dengan mengumpulkan kayu bakar untuk memanggang bahan makanan di atas api, maupun memasak air untuk menyeduh kopi.

Glamping: makanan yang disantap adalah makanan rumahan yang sudah disediakan pengelola glamping. Begitu pun dengan minuman, bisa didapat dengan mudah.


3. Fasilitas MCK

Camping: kebanyakan orang yang berkemah tidak mandi sama sekali. Hal ini membuat berkemah menjadi menyenangkan. Mereka juga harus melakukan aktivitas MCK dengan fasilitas yang sangat minim, bahkan tidak ada sama sekali.

Glamping: glamping tentu miliki kamar mandi dengan fungsinya yang lengkap.

4. Mengontrol Kondisi Suhu

Camping: ada beberapa cara untuk mengontrol suhu di dalam tenda. Anda dapat membuka atau menutup penutup tenda, menggunakan kantong tidur yang lebih ringan maupun lebih tebal, atau mengenakan pakaian yang lebih ringan atau lebih tebal.

Glamping: Anda tidak akan mengalami masalah tersebut saat melakukan glamping, karena terdapat AC dan unit pemanas di sebagian besar akomodasi.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1532 seconds (0.1#10.140)
pixels