Mengenal Empty Sella Syndrome, Penyakit Langka yang Diidap Ruben Onsu

Selasa, 21 Mei 2024 - 16:16 WIB
loading...
Mengenal Empty Sella Syndrome, Penyakit Langka yang Diidap Ruben Onsu
Ruben Onsu sempat mengungkapkan bahwa dirinya mengidap sakit langka yaitu Empty Sella Syndrome sejak 2022. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Kesehatan Ruben Onsu membuat publik khawatir. Apalagi baru-baru ini Ruben dilarikan ke rumah sakit gegara pingsan setelah mengisi acara di Majalengka, Jawa Barat.

Sekadar mengingatkan, Ruben Onsu sempat mengungkapkan bahwa dirinya mengidap sakit langka yaitu Empty Sella Syndrome sejak 2022. Penyakit inilah yang disebut-sebut menjadi penyebab Ruben Onsu dilarikan ke rumah sakit akibat kelelahan.

Lantas, apa itu Empty Sella Syndrome?



Empty sella syndrome merupakan penyakit langka yang terjadi ketika kelenjar pituitari di dalam otak mengecil atau tertekan.

Melansir berbagai sumber, Empty Sella Syndrome terjadi akibat rongga tempat kelenjar tersebut terisi cairan otak atau cerebrospinal (CSF), cairan yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang.

Penderita Empty Sella Syndrome bisa merasakan beberapa gejala yakni sebagai berikut:

- Sakit kepala.
- Kelelahan.
- Gangguan penglihatan.
- Gangguan menstruasi.
- Infertilitas.
- Gangguan pertumbuhan pada anak-anak.



Ruben Onsu sendiri mengalami beberapa gejala di atas. Saat jadi bintang tamu di program televisi FYP, Ruben bercerita di depan Irfan Hakim dan Raffi Ahmad bahwa dirinya mengalami gangguan penglihatan. Di mana ia harus setiap beberapa menit sekali meneteskan obat air mata. Seperti orang sedang memakai kontak lensa, padahal Ruben sendiri tidak memakai kontak lensa.

"Makanya temen-temen 'kenapa sih lu nggak pakai apa-apaan tapi netesin mata terus'. Saya tuh kepengin temen-temen saya nggak nanya lagi. Makanya karena intens kerja yang di studio banyak sama Irfan, jadi jangan kagok ya karena ya kondisi gua nggak kayak elu," ungkap Ruben Onsu, dikutip dari akun Instagram @rumpi_gosip.

Sayang, meski mengidap penyakit langka suami Sarwendah ini terkesan mengabaikan kesehatannya gara-gara terlalu sibuk syuting program televisi.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1779 seconds (0.1#10.140)
pixels