7 Lauk yang Cocok untuk Penderita Asam Urat, Nikmat dan Rendah Purin

Jum'at, 24 Mei 2024 - 08:30 WIB
loading...
7 Lauk yang Cocok untuk Penderita Asam Urat, Nikmat dan Rendah Purin
Lauk yang cocok untuk penderita asam urat tidak hanya sekadar nikmat tapi harus rendah purin. Penderita asam urat perlu memperhatikan jenis makanan. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Lauk yang cocok untuk penderita asam urat tidak hanya sekadar nikmat tapi harus rendah purin. Pada dasarnya, penderita asam urat perlu memperhatikan jenis makanan yang mereka konsumsi setiap hari.

Hal ini bertujuan untuk membantu mengontrol kadar asam urat dalam tubuh. Pasalnya, asam urat adalah senyawa kimia yang terbentuk dari pemecahan zat purin dalam tubuh. Purin merupakan senyawa alami yang ditemukan dalam beberapa makanan, termasuk di lauk dan juga diproduksi oleh tubuh.

Ketika tubuh memecah purin, hasil akhirnya adalah asam urat. Kebanyakan asam urat larut dalam darah dan dikeluarkan dari tubuh melalui urine. Namun, jika tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat atau tidak dapat mengeluarkannya, kadar asam urat dalam darah dapat meningkat.

Lauk yang Cocok untuk Penderita Asam Urat



Berikut daftar lauk yang cocok untuk penderita asam urat dilansir dari Health Line, Jumat (23/5/2024).



1. Daging Ayam Tanpa Kulit


Daging ayam tanpa kulit umumnya memiliki kadar purin yang lebih rendah dibandingkan dengan daging merah. Pilihan bagian dada atau paha ayam tanpa kulit bisa menjadi alternatif yang baik.

2. Ikan yang Rendah Purin


Beberapa jenis ikan memiliki kadar purin yang lebih rendah. Seperti salmon, trout, dan ikan kakap. Pilihan ikan ini bisa menjadi lauk yang baik untuk penderita asam urat.

3. Tahu dan Tempe


Tahu dan tempe merupakan sumber protein nabati yang baik dan rendah purin. Kedua jenis makanan ini bisa menjadi alternatif yang baik untuk menggantikan daging dalam menu makanan.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.6030 seconds (0.1#10.140)
pixels