8 Ikan yang Boleh Dimakan Penderita Asam Urat dan Kolesterol

Sabtu, 25 Mei 2024 - 09:30 WIB
loading...
8 Ikan yang Boleh Dimakan Penderita Asam Urat dan Kolesterol
Ikan yang boleh dimakan penderita asam urat dan kolesterol harus rendah lemak juga purin. Pada dasarnya mengonsumsi ikan secara teratur memiliki manfaat. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Ikan yang boleh dimakan penderita asam urat dan kolesterol harus rendah lemak juga purin. Pada dasarnya mengonsumsi ikan secara teratur memiliki beberapa manfaat kesehatan signifikan seperti sumber protein berkualitas, hingga meningkatkan kesehatan jantung, dan otak.

Penderita kolesterol dianjurkan konsumsi ikan kaya akan asam lemak omega-3. Kandungan ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah, serta meningkatkan kolesterol baik.

Sedangkan, penderita asam urat perlu memilih jenis ikan yang mengandung rendah purin. Ini karena purin yang tinggi dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Selain itu, penderita asam urat harus menjaga pola makan keseluruhan.

Ikan yang Boleh Dimakan Penderita Asam Urat dan Kolesterol



Berikut ikan yang boleh dimakan penderita asam urat dan kolesterol tinggi dilansir dari Medical News Today, Sabtu (25/4/2024).



1. Salmon


Salmon bisa memperbaiki kadar kolesterol. Ikan mengandung protein tinggi, alternatif sehat untuk daging merah, yang tinggi lemak jenuh. Salmon adalah alternatif yang bagus untuk daging merah karena merupakan makanan padat nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik.

2. Mackerel


Beberapa penelitian menunjukkan konsumsi ikan makarel secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol tinggi, meminimalkan ukuran pinggang, melindungi dari depresi, dan menjaga tulang tetap sehat dan kuat. Ikan jelas ini merupakan tambahan yang bagus untuk diet sehat dan seimbang.

3. Nila


Ikan nila mengandung rendah purin dan lemak yang baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol dan asam urat. Ikan jenis ini juga mengandung selenium yang tinggi dan dapat menangkal radikal masuk tubuh, dan mengurangi risiko penyakit terkait daya ingat seperti alzheimer.

4. Trout


Trout mengandung protein, niasin, vitamin B12, dan asam lemak omega 3 yang sangat baik. Asam lemak omega 3 diperlukan untuk fungsi otak dengan membantu memori, kinerja, dan perilaku serta membantu pertumbuhan dan perkembangan normal.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2077 seconds (0.1#10.140)
pixels