Bolehkah Penderita Asam Urat Makan Ikan Mujair?

Jum'at, 24 Mei 2024 - 13:00 WIB
loading...
Bolehkah Penderita Asam Urat Makan Ikan Mujair?
Penderita asam urat dipercaya boleh mengonsumsi ikan mujair. Pasalnya, ikan jenis ini termasuk dalam jenis ikan air tawar yang memiliki kadar purin rendah. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Penderita asam urat dipercaya boleh mengonsumsi ikan mujair. Pasalnya, ikan jenis ini termasuk dalam jenis ikan air tawar yang mana biasanya memiliki kadar purin yang lebih rendah dibandingkan dengan ikan laut.

Dilansir dari Health, Jumat (24/5/2024), oleh karena itu, ikan mujair dapat menjadi pilihan yang lebih aman untuk penderita asam urat jika dibandingkan dengan beberapa jenis ikan laut yang memiliki kadar purin yang lebih tinggi.

Meskipun demikian, setiap individu bisa bereaksi berbeda terhadap makanan tertentu, termasuk ikan. Jika Anda adalah penderita asam urat dan ingin mengonsumsi ikan mujair, disarankan untuk memperhatikan porsi dan frekuensi konsumsi.

Penting juga untuk memperhatikan reaksi tubuh Anda setelah mengonsumsi makanan tersebut. Selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi mengenai rencana diet yang sesuai dengan kondisi kesehatan, termasuk dalam hal konsumsi ikan atau makanan lainnya.



Dokter akan memberikan saran yang lebih spesifik berdasarkan kondisi kesehatan dan membantu Anda membuat pilihan makanan yang tepat. Sementara itu, mengolah ikan mujair yang aman untuk penderita asam urat bisa dilakukan dengan beberapa cara.

Cara Mengolah Ikan Mujair yang Sehat untuk Penderita Asam Urat



Berikut adalah beberapa cara mengolah ikan mujair secara sehat yang cocok untuk penderita asam urat.

1. Panggang atau Kukus


Mengolah ikan mujair dengan cara dipanggang atau dikukus dapat mengurangi penambahan lemak yang tidak perlu dan tetap menjaga kandungan gizi ikan. Hindari penggunaan minyak berlebihan saat memanggang.

2. Rebus


Memasak ikan mujair dengan cara direbus adalah cara yang sehat dan sederhana. Tambahkan bumbu-bumbu alami seperti jahe, bawang putih, dan rempah-rempah lainnya untuk memberi rasa pada ikan tanpa menambahkan garam berlebihan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1591 seconds (0.1#10.140)
pixels