Atasi Problem Obesitas dengan Operasi Bariatrik, Jadikan Hidup Berkualitas

Sabtu, 25 Mei 2024 - 13:13 WIB
loading...
Atasi Problem Obesitas dengan Operasi Bariatrik, Jadikan Hidup Berkualitas
RS EMC Alam Sutera Tangerang menyediakan layanan medis bagi penderita obesitas dengan metode pengurangan berat badan melalui operasi bariatrik. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Obesitas merupakan penyakit kronik dan progresif yang dapat mempengaruhi organ tubuh serta menjadi problem yang sulit diatasi. Banyak pasien obesitas telah mencoba berbagai cara seperti diet, obat, dan olahraga yang hasilnya tidak permanen.

Penyakit terbanyak akibat obesitas adalah diabetes tipe 2 dan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan serangan jantung, gagal jantung, dan stroke.

Hal itu diungkapkan dr. Handywing Spesialis Bedah - Subspesialis Bedah Digestif RS EMC Alam Sutera dalam gathering bersama puluhan pasien bariatrik belum lama ini.

“Bedah bariatrik menjadi salah satu opsi bagi pasien obesitas yang memiliki Indeks Massa Tubuh (IMT) atau 45 kg di atas berat badan ideal pria atau kelebihan 36 kg di atas berat badan ideal wanita,” ujarnya.

Ada dua jenis bedah bariatrik, di antaranya umum dilakukan di Indonesia, yakni sleeve gastrectomy dan gastric bypass.

Bedah bariatrik merupakan tindakan operasi yang sangat efektif, tetapi tidak menutup kemungkinan risiko adanya efek samping, seperti pasien dapat mengalami kekurangan zat gizi dan vitamin.

Pasien pascaoperasi bariatrik harus konsisten dan perubahan gaya hidup menjadi kunci sukses.

Dokter Spesialis Gizi Klinik RS EMC Alam Sutera dr. Vetinly menambahkan, pasien yang memiliki gaya hidup sehat, pemilihan makanan dan suplemen bergizi seimbang serta rutin menjalani kontrol berkala akan mendapatkan hasil yang memuaskan pascaoperasi bariatrik.

Sementara itu, pascaoperasi bariatrik, para pasien ingin memiliki perut yang rata dan kencang. Kondisi perut buncit dan bergelambir tentu bisa membuat kepercayaan diri menurun. Salah satu solusi sebagian besar orang agar perut kembali rata dan kencang adalah dengan melakukan prosedur tummy tuck.

Dr. dr. Irena Sakura Rini, Spesialis Bedah Plastik – Rekonstruksi dan Estetik RS EMC Alam Sutera, menjelaskan bahwa tummy tuck atau abdominoplasty adalah prosedur operasi plastik yang bertujuan untuk membuat perut tampak rata dan kencang, serta menghilangkan jaringan lemak berlebih hingga lapisan kulit yang kendur serta bergelambir.

"Tak hanya itu, selama prosedur ini berlangsung, otot-otot perut juga akan dikencangkan,” katanya.

RS EMC Alam Sutera Tangerang menyediakan layanan medis bagi penderita obesitas dengan metode pengurangan berat badan melalui operasi bariatrik. Operasi ini bisa menjadi solusi terbaik dengan cara yang cepat dan efektif untuk memangkas lemak tubuh.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1948 seconds (0.1#10.140)
pixels